ABSTRAK Jakarta telah memiliki Busway TransJakarta sebagai transportasi umum, saat inipermasalahan dari Bus way di Jakarta adalah delay antar bus, dan juga polusiudara yag di hasilkan oleh bus setiap harinya. Bus tersebut menggunakan gasalam sebagai bahan bakarnya, sementara stasiun pengisian gas yang adajumlahnya terbatas, dan lokasinya cukup jauh dari beberapa koridor tempat lokasibus tersebut di operasikan, dan akibatnya bus yang beroparasi akan berkurangketika mereka melakukan pengisian bahan bakar dan akan menigkatkan delaybagi para penumpang yang menunggu bus.Tujuan dari thesis ini adalah untuk mengoptimasi waktu tempuh dan mengurangiwaktu tunggu penumpang di setiap halte, menggunakan kendaraan cerdas yangotonom pada jalur bus dan mendeskripsikan arus lalu lintas pada level makro.Tujuan lainnya adalah untuk mengurangi polusi udara dari emisi gas, serta polusisuara yang di timbulkan bus.Sumulasi dari lalu lintas pada thesis ini menggunakan software SCANeR TMStudio, yang membandingkan antara bus konvensional dengan bus cerdas yangotonom di koridor 1 dari bus way TransJakarta. Dan berdasarkan simulasi,penggunaan bus cerdas yang otonom memperoleh waktu perjalanan yang singkatdaripada bus konvensional, kcepatan perjalanan lebih konstan dan jarak antar busjuga lebih konstan. Dampak lainnya polusi udara berkurang. Abstract Jakarta has a Busway TransJakarta for public transport, nowadays the problem ofBus Way at Jakarta is the delay between buses, and also emission produced by thebuses every day. The buses using natural gas fuel and for refuel the gas, buseshave to go to station which located far from the corridor where they operated andthe impact, operating buses while the other do some refueling will reduced and thedelay for the passenger will be increasedThe aim of this thesis is to optimize the travel time and to reduce the waiting timeof public in each station of the public transportation in Jakarta by using IntelligentAutonomous Vehicles (IAV) into the bus lane and describing traffic flow inmacroscopic level. Other goal is to reduce the pollutant gas emission that thebuses produce including the acoustic pollutionSimulation of traffic in this thesis using software SCANeR TM Studio,which comparison between conventional buses at existing condition with IAV busin corridor 1 of TransJakarta. And based on this simulation, using IAV bus hasshort time travel then using of conventional vehicle, travel speed be more constantand the headway between the bus more constantly. With the ability to reconfigureitself when there is an error or failed system. Other impact of application the IAVinto corridor 1 is reducing the air pollution |