:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pelayanan Suku Dinas Pekerjaan Umum Jakarta Utara dalam penanggulangan banjir : studi kasus Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara

Hutabarat, Bistok; Waluyo Iman Isworo, supervisor; Salomo, Roy Valiant, examiner ([Publisher not identified] , 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Dalam meningkatkan pelayanan Suku Dinas Pekerjaan Umum
Jakarta Utara dalam penanggulangan banjir di Kecamatan Penjaringan.
Kami dihadapkan pada brbagai permasalahan seperti terbatasnya sarana
dan prasarana, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengatasi banjir,
sehingga apabila musim hujan dan air laut pasang, selalu terjadi banjir.
Untuk mengatasi genangan air tersebut penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan dan
mengetahui kualitas playanan serta menyusun konsep pelayanan
penanggulangan banjir oleh Suku Dinas Pekerjaan Umum Jakarta Utara,
dengan metode penelitian deskriptif.
Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dan kualitas
pelayanan digunakan model servqual (service quality) yang terdiri dari 5
(lima) variabel :
1. Tampilan fisik (Tangible).
2. Ketanggapan dalam memberi Iayanan (Responsiveness).
3. Kemampuan mewujudkan janji (Reliabilify).
4. Kemampuan memberikan jaminan Iayanan (Assurance).
5. Kemampuan memahami kebutuhan masyarakat (Emphaly).
Disamping itu dilakukan wawancara dengan masyarakat beserta
tokoh masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk turut
serta menanggulangi bahaya banjir.
Dari hasil penelitian diketahui Kualitas Iayanan yang diberikan oleh Suku Dinas Pekerjaan Umum kepada masyarakat yang relatif baik adalah pada variable Assurance.
Sedangkan pada variable lainnya (T angible, Responsiveness,
Reliability dan Emphaty) kualitas Iayanan yang diberikan masih relatif
rendah, yang lebih banyak ditentukan oleh kemampuan petugas, sarana
dan prasarana yang dimiliki. Pelaksanaan pelayanan selama ini belum
melakukan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan banjir, oleh
karena itu, untuk meningkatkan kualitas Iayanan dan kepuasan masyarakat
perlu memberdayakan masyarakat untuk ikut serta dalam mencegah dan
menanggulangi bahaya banjir.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Bistok Hutabarat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 119 pages : illustration ; 28cm. + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-409893483 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20315132