:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Deskripsi psikologis dan sosial berkenaan dengan motivasi dan perilaku pekerja (Studi kasus pada pekerja wanita di PT Industri Sandang I, Bekasi)

Nella Juwita; Anidal Hasyir, supervisor; Dody Prayogo, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Semakin banyaknya tenaga kerja wanita yang dikaryakan oleh berbagai perusahaan turut menunjukkan bahwa pekerja wanita, baik secara langsung maupun tidak langsung, berpengaruh dalam kegiatan. Sehubungan dengan itu penulis tertarik untuk mendeskripsikan faktor psikologis dan sosial berkenaan dengan motivasi dan perilaku pekerja. Adapun lokasi penelitian yang dipilih penulis adalah di PT Industri Sandang I Patal Bekasi. Sampel yang diambil adalah sebanyak 40 orang yaitu para pekerja wanita di bagian produksi. Sampel diambil secara purposive karena keterbatasan waktu dari pekerja. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan wawancara mendalam yang dilakukan dengan beberapa responden di sela-sela waktu kerja mereka. Dari hasil penelitiati ditemukan bahwa faktor psikologis yang berupa makna kerja sangat berperan dalam kaitannya dengan inotivasi dan perilaku pekerja. Begitu pula dengan faktor sosial yang terdiri dari peraturan perusahaan, upah, hubungan antar pekerja dan fasilitas kesejahteraan juga erat berkaitan dengan motivasi dan perilaku pekerja. Ini tampak dalam hasil penelitian dimana pelaksanaan pekerjaan, kepatuhan pekerja dalam bekerja telah terlaksana dengan baik di Fatal Bekasi. Hal ini lebih lanjut berhubungan dengan harapan pekerja akan masa depannya yang hams lebih baik dari yang sekarang. Dengan demikian faktor psikologis dan faktor sosial berkenaan dengan motivasi dan perilaku pekerja dapat dijadikan pegangan dalam mencapai tujuan dari perusahaan. Karena jika tujuan perusahaan dapat berjalan dengan lancar, .secara langsung maupun tidak langsung dapat menunjang pembangunan pada umumnya dan dapat meningkatkan kesempatan bagi wanita untuk tumt berpartisipasi dalam pembangunan.

 File Digital: 1

Shelf
 S16223-Nella Juwita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S16223
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1993
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 67 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S16223 14-22-26590081 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20315223