ABSTRAK Tesis ini bertujuan merancang kurikulum Bahasa Inggris untuk JurusanManajemen di sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang berlokasi disalah satu kota di Jawa Barat. Kurikulum dirancang dengan menggunakanlangkah-langkah yang dikemukakan Nation dan Macalister (2010) dan Richards(2001). Dalam perancangan program ini, penulis terlebih dahulu melakukananalisis terhadap silabus lama Bahasa Inggris dan kurikulum Jurusan Manajemendi STIE. Langkah selanjutnya adalah menyebarkan kuesioner kepada pemelajarBahasa Inggris di Jurusan Manajemen STIE, pengajar mata kuliah Bahasa Inggris,pengajar mata kuliah keahlian, pihak institusi, dan pengguna lulusan/industri.Wawancara dilakukan terhadap Koordinator Matakuliah Bahasa Inggris di STIE.Hal tersebut dilakukan untuk memeroleh informasi mengenai pemelajaran bahasaInggris yang saat ini dilaksanakan, dan yang akan diharapkan ke depannya. Datadianalisis guna merumuskan program Bahasa Inggris di Jurusan ManajemenSTIE. Program Bahasa Inggris yang diajukan terdiri dari lima matakuliah, yakniBahasa Inggris I, Bahasa Inggris II, Bahasa Inggris III, Bahasa Inggris IV, danBahasa Inggris V. Jenis silabus yang digunakan merupakan silabus proto yanggberdasar pada topik, keterampilan, tugas, dan fungsi. Topik ditentukan sesuaidengan isu relevan dengan kehidupan mahasiswa dan studi bisnis-manajemen.Kurikulum yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai tujuanpengajaran Bahasa Inggris di Jurusan Manajemen dan untuk memenuhi kebutuhanberbagai pemangku kepentingan di STIE. Abstract The aim of this theses is to design a proposed curriculum for English course inManagement Department at one of School of Business (Sekolah Tinggi IlmuEkonomi, or STIE) located in one of the cities in West Java. The curriculum wasdesigned using the stages proposed by Nation and Macalister (2010) and Richards(2001). In designing the curriculum, the writer first analyzed the English syllabusused for English subject and the curriculum of STIE?s Management Department.Further survey was done by distributing questionnaires to the students inManagement Department, the English lecturers, the core-subject lecturers, theinstitution, and the users (industry). Interview was conducted with the Head ofEnglish subject. These were done to find information about the current conditionof teaching and learning English and the expectation about teaching and learningEnglish at the Department in the future. The data was analyzed to formulate theEnglish program in STIE?s Management Department. The proposed programconsists of five courses, that is English I, English II, English III, English IV, andEngish V. The type of syllabus selected integrates TOPIC-BASED, SKILLBASED,TASK-BASED based, and FUNCTION-BASED. Topics are chosenaccording to issues which are relevant to student life and management study. Theproposed curriculum design is expected to achieve the aims of the course and tofulfil the various stakeholders? needs. |