ABSTRAK Tesis berjudul sebagaimana tersebut di atas mempunyai pokokpermasalahan yaitu bagaimanakah gaya kepemimpinan eselon V dantingkat kuatitas pelayanan staf pelaksanaan pada Kantor Wilayah V BAKN Jakarta.Variabal-variabel dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinaneselon V dengan tiga indikator yaitu gaya kepemimpinan direktif, suportif danpartisipatif. Sedangkan kualitas pelayanan staf pelaksana sebagaivariabel terikat dengan lima indikator (dimensi-dimensi kualiias pelayanan)yaitu tampilan fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.Obyek penelitian adalah manajemen Kanwil V BAKN Jakarta.Populasi terdiri dari 164 karyawan BAKN Jakarta. Sampel ditetapkansebanyak 120 orang yang terdiri 80 orang staf pelaksana, 27 orangpejasabat eselon V, 9 orang eselon IV, 3 orang eselon lIl dan seorangeselon Il, yang selanjutnya merupakan responden penelitian ini.lnstrumen penelitian ditentukan dalam kuesioner dimana gayakepemimpinan mencakup kepsmimpinan direktif, suportif, dan partisipatif.Sedangkan instrumen kualitas pelayanan mencakup dimensi-dimensi kualitas pelayanan.Analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif kuantitatif, yaknidengan menggambarkan gaya kepemimpinan eselon V dan kualitaspelayanan staf pelaksana. Hasil analisis gaya kepemimpinan eselon Vmenunjukkan dominan menggunakan gaya kepemimpinan direktif. Nilairata-rata sebesar 2,25. Penilaian yang bersifat negatif di atas rata-ratasebanyak 53,33%. Penilaian kategori menunjukkan rendah sebanyak 75%.Sedangkan hasil analisis kuaiitas pelayanan menunjukkan belummemuaskan atau kurang optimal atau negatif. Terdapat hubungan positif dansignifikan yakni r-hit sebesar 0,624 dan r-tab (0,198) Koefisien determinasi(r²) sebesar 38,93%. SeIanjutnya gaya kepemimpinan dapat mempengaruhikualitas pelayanan.Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan disarankan agarpimpinan berupaya merubah gaya kepemimpinan dari direktif menujusuportif hingga partisipatif dehgan mengembangkan kerja tim yang bekerjaberorientasi kepada kualitas, dan didukung oleh komitmen para pimpinandiatasnya serta upaya peningkatan dan pengembangan sumber dayamanusia melalui pendidikan dan pelatihan ataupun tranning sesuai dengankebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang.
|