Marjin pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi biaya distribusi : studi kasus pasokan kentang dari tiga sentra produksi
Adhi Putra Alfian;
Agus Maulana, supervisor; Martani Huseini, examiner
([Publisher not identified]
, 1999)
|
ABSTRAK Kentang merupakan komoditas sayuran umumnya tergolong ke dalamkomoditas yang tidak tahan Iama (perishable products), memiliki perananyang cukup penting sebagai sumber nutrisi dalam makanan dan merupakansumber vitamin dan mineral yang tidak tergantikan bahan makanan lainnya.Permasalahan yang dihadapi pemasaran komoditas kentang adalahbelum efisien dan transparannya sistem distribusi saat ini yang rnenyebabkanterdapatnya perbedaan cukup besar antara harga jual produsen dan hargaeceran sehingga konsumen dirugikan.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis marjin pemasaran, faktor-faktor yang mempengaruhi biaya distribusi pada setiap tingkat salurandistribusi, dan memberikan masukan alternatif pemecahan kepada pihak-pihak terkait bagaimana meningkatkan kinerja pendistribusian komoditaskentang mulai dari beberapa sentra produksi utama seperti Brastagi,Pangalengan, dan Dieng sampai ke sentra pemasaran di DKI Jakarta.Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode survey yangdilaksanakan dengan pengamatan di lapangan dan penelitian kepustakaan.Pengambilan sampel daerah digunakan metode purposive sampling. Untukpengambilan sampel pedagang pengumpul, pedagang besar, dan pedagangpengecer dilakukan dengan metode snowball sampling.Agar mendapatkan hasil analisis marjin pemasaran sesuai dengantujuan penelitian maka dipergunakan pendekatan dengan menghitungperbedaan harga jual dan harga beli di setiap tingkat saluran. Sedangkanuntuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi biaya distribusi digunakanpendekatan statistik dengan analisis regresi berganda.Kesimpulan analisis marjin pemasaran diperoleh dari 3 sentra produksirnemperlihatkan bahwa harga yang terbentuk pada berbagai saluranpemasaran kentang ke PIKJ, hanya pasokan dari Brastagi Iebih efisiendibanding dengan pasokan dari Pengalengan dan Dieng.Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya distribusi pada pedagangbesar antar kota (di 3 lokasi), pedagang grosir, dan pedagang pengecermenunjukkan bahwa kesemuanya berpengaruh nyata dan hanya padatingkat pedagang pengumpul kecenderungannya tidak berpengaruh nyataterhadap kenaikan atau penurunan biaya distribusi. Kemudian dapatdiindikasikan bahwa semakin jauh jarak tempuh dari sentra produksi kesentra pemasaran akan menyebabkan cenderung tingginya biaya transaksipada struktur rantai distribusi yang sama untuk ke tiga daerah pasokan. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1999 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 141 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-19-418793632 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20316221 |