ABSTRAK Permukaan jalan diharapkan dapat memberikan rasa aman, nyaman, danekonomis. Kekesatan permukaan jalan (skid resistance) memberikan tahanangesek (friction) yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti variasi bentuk profilpermukaan dan kondisi ban, tekstur permukaan jalan, kondisi cuaca. Tahanangesek ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengereman, danfriksi arah kesamping, dan juga memberikan gaya gesek menghindari gelincir saatkondisi basah atau kering.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh suhu dan penetrasiaspal untuk mendapatkan tingkat kekesatan permukaan jalan denganmenggunakan campuran aspal beton Pen60/70 dan campuran aspal beton AC-WCPen 60/70 modifikasi dengan bahan tambah additive BNA. Perubahan suhu yangdigunakan adalah pada suhu 30oC, 35oC, 40oC, 45oC, 50oC, 55oC. Nilai skidresistance diperoleh dengan menggunakan alat British Pendulum Tester.Penambahan nilai BNA pada campuran aspal beton telah memberikanpenurunan nilai penetrasi aspal, yang berdampak pada peningkatkan kekesatanpermukaan aspal beton. Seiring dengan kenaikan suhu, nilai skid resistance akansemakin menurun. Penambahan suhu lingkungan menyebabkan nilai skidresistance akan semakin kecil. Abstract The road surface is expected to provide safety, comfort, and economical.Road surface roughness (skid resistance) provide frictional resistance isinfluenced by factors such as variations in the surface profile shape and conditionof tires, road surface texture, weather conditions. Frictional resistance is urgentlyneeded to improve the braking capability, and the friction force laterally, and alsoavoid sliding friction when wet or dry conditions.The study was conducted to analyze the effects of temperature and thevalue of penetration asphalt to obtain skid resistance by using asphalt concretemixture Pen60/70 AC-WC and asphalt concrete Pen 60/70 modified with addedmaterial additive BNA. Changes in temperature, which is at a temperature of30oC, 35oC, 40oC, 45oC, 50oC, 55oC. Skid resistance value is obtained by using aBritish Pendulum Tester.The addition of the BNA in asphalt concrete mixture has reduced the valueof penetration bitumen, which have an impact on increasing the surfaceroughness of asphalt concrete. As the temperature rises, the value of skidresistance will decrease. The addition of environmental temperature causes theskid resistance value will be smaller. |