:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Dampak kebijakan pembatasan konsumsi BBM premium di sektor angkutan darat terhadap perekonomian Indonesia = The impact of consumption restriction policy on premium fuel in land transport sector towards Indonesia?s economy.

Fashihatul Layli; Aris Yunanto, supervisor; Iman Rozani, examiner; Nurkholis, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rencana kebijakan pemerintah dalam
membatasi konsumsi BBM premium di Sektor Angkutan Darat terutama untuk
mobil pribadi pada tahun 2012. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak
kebijakan tersebut terhadap perekonomian Indonesia, terutama dampak terhadap
output, faktor produksi, sektor produksi, dan distribusi pendapatan rumah tangga.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian menggunakan analisis Sistem Neraca
Sosial Ekonomi (SNSE) tahun 2008 sebagai kerangka kerja dan kerangka analisis.
Dan untuk menghitung dampak tersebut penulis menggunakan multiplier analysis,
Koefisien Gini, dekomposisi pengganda, dan structural path analysis (SPA).
Hasil perhitungan dan analisis menunjukkan bahwa pembatasan konsumsi BBM
premium di Sektor Angkutan Darat akan memberikan dampak pada penurunan
peningkatan output, penurunan peningkatan pendapatan faktor produksi,
penurunan peningkatan pendapatan sektor produksi, dan penurunan peningkatan
pendapatan institusi rumah tangga. Meskipun demikian, kebijakan ini
memberikan dampak pada membaiknya ketimpangan distribusi pendapatan. Hal
ini dapat dilihat dari nilai Koefisien Gini yang lebih rendah ketika konsumsi BBM
premium dibatasi daripada sebelum dibatasi.

Abstract
The research was motivated by a government?s policy plan in restricting
consumption of premium fuel in the Land Transport Sector especially for private
cars in 2012. The research aims to determine the impact of these policy towards
Indonesia?s economy, especially impact on output, factors of production,
production sector, and household income distribution. To achieve these
objectives, the research was using Social Accounting Matrix (SAM) analysis in
2008 as a framework and an analytical framework. And to calculate these impact,
author used a multiplier analysis, the Gini Coefficient, decompotition multiplier
and strutural path analysis (SPA). Calculation and analysis results indicate that
limitation the volume consumption of premium fuel in the Land Transport Sector
will impact on decreasing an addition output, factor income, production sector
income, and household income. In spite of the fact that, this policy impact on the
improvement of income distribution inequality. It can be seen from the value of
the Gini Coefficient that is lower when volume consumption of premium fuel
limited than before limited.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T31516
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 84 pages : illustration ; 24 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T31516 15-19-266701547 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20316261