Evaluasi Implementasi Kampanye Komunikasi Gerakan Nasional Orang Tua Asuh : Studi Kasus di Lembaga GN-OTA
Dewi Yanti Widjajanto;
Harsono Suwardi, supervisor
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000)
|
Komunikasi memiliki peranan yang penting dalam pembangunan.Melalui kegiatan komunikasi, masyarakat dididik dan dimotivasi Sertaditanamkan gagasan-gagasan yang mengajak masyarakat ikut Serta dalamproses pembangunan. Gerakan Nasional Orang Tua Asuh adalah gerakanyang mengajak masyarakat untuk menjadi orang tua asuh dalam rangkamendukung program pemerintah yaitu pelaksanaan wajib belajar pendidikandasar 9 tahun. Gerakan ini dimasyarakatkan melalui kegiatan KampanyeKomunikasi.Tesis ini melakukan evaluasi terhadap implementasi KampanyeKomunikasi yang dilakukan oleh Lembaga GN-OTA dalam memasyarakatkanGerakan Nasional Orang Tua Asuh dan apakah kampanye komunikasi tersebut memberi pengaruh pada partisipasi khalayak terhadap Gerakan Nasional Orang Tua Asuh.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakanpendekatan survai. Sampel penelitian ditentukan atas prosedur sistematikrandom sampling terhadap sejumlah responden dari kalangan menengahyang berada diwilayah Jakarta Selatan.Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden mengetahui istilahGNOTA, dan mengatakan pesan-pesan dalam iklan Iayanan masyarakatcukup mudah dipahami. Namun ketika diminta menjelaskan pesan inti dariiklan tersebut, mayoritas responden tidak secara eksplisit mampumengungkapkan.Munculnya televisi sebagai pilihan sumber informasi utama respondendalam mengenal istilah GNOTA mengindikasikan betapa televisi kini telahmenjadi medium primer dalam kehidupan masyarakat Namun ternyatapenggunaan televisi tanpa diimbangi clengan penggunaan media komunikasiIainnya mengakibatkan kampanye komunikasi hanya dapat menyentuhtataran kognisi khalayak. Rendahnya partisipasi responden daiam programGNOTA menunjukkan tataran kognisi memiliki tingkat signitikansi yang cukuptinggi. Untuk perbaikan kampanye komunikasi GNOTA disarankan untukmemanfaatkan medium komunikasi yang lebih beragam dan tidak hanyamengandalkan televisi dalam bentuk iklan layanan masyarakat, yang terbuktikurang efektif untuk mengkomunikasikan sebuah pesan produk sosial. |
T-Dewi Yanti Widjajanto.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 106 pages + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-24-68756038 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20316545 |