Full Description

Cataloguing Source
Content Type text (rdacontent)
Media Type computer (rdamedia)
Carrier Type online resource (rdacarrier)
Physical Description xi, 84 pages : illusration ; 28 cm + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 1
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
T-Pdf 15-19-950909809 TERSEDIA
No review available for this collection: 20316696
 Abstract
ABSTRAK
Bank BNI merupakan salah satu BUMN yang tidak termasuk dalam kategori Bank dilikuidasi, sehingga masih memiliki peluang untuk dapat berkembang dalam industri jasa perbankan di Indonesia.

Masalah utama yang dihadapi oleh Bank BNI, yaitu adanya perubahan lingkungan strategi perusahaan. Kondisi politik dan ekonomi yang relatif stabil sebelum pertengahan tahun 1997, kini telah berubah total. Oleh karena itu dalam kondisi Iingkungan strategis perusahaan sedang berubah dan dengan sumber daya yang terbatas, agar dapat melaksanakan misinya diperlukan suatu strategi yang tepat.

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengevaluasi (kaji ulang) strategi yang sedang dijalankan oleh Bank BNI dan menjelaskan strategi alternatif yang dapat digunakan sebagai strategi dalam meningkatkan daya saing pada masa mendatang.

Penelitian ini diawali dengan menganalisis kondisi Iingkungan internal dan eksternal perusahaan. Dalam menganalisis tersebut digunakan metode Proses Hirarki Analitik (PHA) untuk membobot derajat kepentingan setiap faktor. Sedang untuk menentukan posisi bersaing Bank BNI digunakan General Electric Matrix.

Dari uji PHA dan GE Matrix diperoleh posisi bersaing Bank BNI pada kuadran Il GE Matrix yang artinya Bank BNI berada di area usaha growth and build (tumbuh dan bangun). Berdasarkan posisi bersaing tersebut dengan melihat , kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta tujuan perusahaan maka alternatif strategi yang cocok adalah strategi penetrasi pasar.

Setelah strategi ditetapkan, untuk menyusun program atau penjabaran strategi yang lebih detil diberikan usulan strategi fungsionalnya. yaitu strategi untuk memperkuat setiap fungsi dalam perusahan.