:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Intervensi dengan metode sosialisasi Performance Review untuk meningkatkan iklim organisasi dan komitmen organisasi pada karyawan PT AI = Intervention with socialization method about performance review to improve organizational climate and organizational commitment to employees at PT AI

Muhammad Pradipta Anwar; Semiati Ibnu Umar, supervisor; Salendu, Alice, supervisor; Lembana Jogapranata Soemitro, examiner; Endang Parahyanti, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Untuk menjadi organisasi yang sukses dibutuhkan karyawan yang bekerja efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut, organisasi perlu meningkatkan komitmen organisasi karyawannya. Faktor yang mempengaruhi komitmen organisasi antara lain adalah iklim organisasi. Iklim organisasi adalah persepsi anggota organisasi terhadap lingkungan organisasinya yang menjadikannya sebuah karakteristik organisasi yang membedakannya dengan organisasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara iklim organisasi dengan komitmen organisasi. Hasil korelasi berganda menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan (0,55, p<0,02) antara iklim organisasi dengan komitmen afektif. Penelaahan lebih lanjut menunjukkan bahwa dimensi iklim organisasi: penghargaan yang diterima, kompetensi kerja, pengambilan keputusan memiliki korelasi yang positif dan signifikan (0,72, 0,56, dan 0,78, p<0,05 dan p<0,01) dengan komitmen afektif. Intervensi yang dilakukan adalah penelaahan sistem performance review untuk mengoptimalkan komitmen afektif karyawan.

To become a successful organization, one must has effective and eficient working employee. In order to do that, the organization has to improve their employees? organizational commitment. One of the factors affecting organizational commitment is organizational climate. Organizational climate is perception of the employees about the working environment that differentiates from other company. This study examine the relationship between organizational climate and organizational commitment. The result showed significant positive correlation (0,55, p<0,02) between organizational climate and affective commitment. Further analysis showed that performance rewards, employee competence, and decision making have positive and significant correlation with affective commitment (0,72, 0,56, dan 0,78, p<0,05 dan p<0,01). The intervention that was done is reviewing the performance review system to optimizing the employees? affective commitment.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 84 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-19-449422218 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20318195