Optimasi peletakan pintu ruang penumpang kelas ekonomi kapal ferry untuk jalur evakuasi menggunakan perangkat lunak promodel = optimizing of emergency exit placement at economy class passenger room ferry for evacuation route using promodel software
Pulungan, Wazar;
Sunaryo, supervisor; Hadi Tresno Wibowo, examiner; Yanuar, examiner; Mukti Wibowo, examiner; Talahatu, examiner
([Publisher not identified]
, 2012)
|
ABSTRAK Kecelakaan kapal ferry ro-ro penumpang yang cukup banyak terjadi saat ini menunjukanadanya suatu kebutuhan untuk meningkatkan standar keselamatan. Tata letak peletakan alatalatkeselamatan di kapal haruslah diperhatikan, begitu juga dengan pintu keluar pada ruangpenumpang yang berhubungan langsung dengan jalur evakuasi penumpang yang berada diatas kapal. Idealnya dalam keadaan darurat seluruh penumpang yang berada di atas kapalharuslah mendapatkan dan bisa mengenakan jaket keselamatan terlebih dahulu, lalumelanjutkan proses evakuasi sampai titik kumpul. Sehingga dengan evakuasi diharapkandapat mengurangi atau bahkan menghilangkan jatuhnya korban jiwa. Perihal yang paling erathubungannya dengan evakuasi adalah waktu, dimana semakin lama proses evakuasi makaakan semakin banyak pula jiwa yang dalam keadaan tidak aman.Melihat hal tersebut maka peletakan pintu keluar haruslah strategis dan berada di tempat yangmudah dijangkau oleh seluruh penumpang dan mendukung proses evakuasi. Dalam penelitianini dianalisa proses evakuasi mulai dari ruang penumpang hingga titik kumpul evakuasi padakapal penumpang dengan menggunakan metode simulasi. Simulasi dilakukan denganmenggunakan software Promodel yang dapat merepresentasikan proses pergerakan manusiasesuai dengan kondisi yang dikehendaki. Dari proses simulasi ini dibuat beberapa skenariountuk mencari skenario mana yang terbaik dalam hal penempatan pintu keluar pada kapalpenumpang. Abstract Accidents which occur to ro-ro passenger ferries show that safety standards are in need ofimprovement. The placement of emergency exit which relates directly to passengers' safety isone important thing to be concerned. Ideally, in a state of emergency all passengers on boardmust be able to access to and wear the life jacket before continuing the evacuation process.Timing is one of the most important thing in evacuation, the longer it takes to evacuate, themore lives are threatened. Concerning the above, emergency exit should be placed on allpassengers' reachable place to support the evacuation process. This study uses simulationmethod to analyze passengers ability to access emergency exit during evacuation process.The study is supported by Promodel software, which represents passengers' movements onboard according to condition applied. In these simulations, scenarios are made to becompared and used to decide the best emergency exit placement on the vessel. |
S42437-Optimasi peletakan.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S42437 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | online resource ; volume |
Deskripsi Fisik : | xiv, 94 pages ; illustration ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S42437 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20318763 |