ABSTRAK Karya Ilmiah Akhir ini memberikan gambaran tentang pelaksanaan ProgramResidensi Ners Spesialis Keperawatan Anak dalam bentuk kegiatan praktikResidensi I dan II. Karya Ilmiah Akhir ini bertujuan untuk memberikan gambaranaplikasi Model Konservasi Myra E. Levine pada asuhan keperawatan anak denganpenyakit infeksi dan pencapaian kompetensi baik sebagai pemberi asuhan,advocator, conselor, educator, colaborator, dan agen perubah selama praktikresidensi. Ada lima kasus kelolaan yang menjadi pembahasan dalam karya ilmiah ini,dan dari kelima kasus terpilih ditemukan adanya masalah ketidakseimbangan nutrisikurang dari kebutuhan. Intervensi yang diberikan berdasarkan pinsip-prinsipkonservasi sudah mencakup semua masalah yang ditemukan pada klien, walaupuntidak semua masalah dapat terselesaikan Hasil evaluasi pada akhir perawatan daritrophicognosis ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan pada kelima kasusterpilih, menunjukkan ada yang teratasi, belum teratasi tetapi sudah menunjukkanperbaikan, dan ada juga yang belum teratasi Abstract This final assignment provides an overview about the implementation residencypractices of the specialist pediatric nurse program in the form practical activitiesresidency I and II. The aim of this final assignment is provide overview applicationConservation Model Myra E. Levine on nursing care of children with infectiousdiseases and the achievement of competencies such as a caregiver advocator,counselor, educator, collaborator, and change agents during practice. There are fivecases that discussed in this final assignment, and of the five selected cases found aproblem with imbalance nutrition less than demand. Interventions provided byconservation principles have covered all the problems found on the client, althoughnot all problems can be resolved. The evaluation results of trophicognosis imbalancenutrition less than the needs of the five selected cases, indicating there are resolved,not resolved but has shown improvement, and there are also unresolved |