:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, ukuran perusahaan, dan porsi kepemilikan publik atas saham terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan Jakarta Islamic Index = Analysis of the profitability, leverage, liquidity, firm size, and public ownership shareholders influences to disclosure Islamic social reporting of Jakarta Islamic Index companies

Indah Fitri Karunia Dewi; Evony Silvino Violita, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi ISR yaitu leverage, likuiditas dan porsi kepemilikan publik atas saham. Penelitian ini juga menguji ulang pengaruh variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap ISR. ISR (Islamic Social Reporting) merupakan indeks pengungkapan tanggung jawab sosial yang sesuai dengan prinsip syariah. Bagi para pengguna laporan perusahaan yang muslim, pengungkapan tanggung jawab sosial merupakan bentuk pertanggung jawab bagi Allah SWT dan juga digunakan sebagai salah satu sumber informasi yang menjadi bahan pertimbangan. Oleh karena itu bahan observasi dalam penelitian ini adalah Jakarta Islamic Indeks, yang merupakan indeks yang menggambarkan saham syariah di Indonesia.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan ISR sesuai dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Sedangkan untuk leverage, likuiditas dan juga porsi kepemilikan publik atas saham tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan ISR.

This study aims to examine the factors that affect ISR such as leverage, liquidity, and public ownership shareholders. This study also reexamine influence profitability and firm size to disclosure of ISR. ISR (Islamic Social Reporting) is a social responsibility disclosure index accordance to the sharia principles. For muslim firm report user, The social responsibility disclosure is accountability to Allah SWT and also one of source information which can be taken into consideration to make decision. Therefore, the subject of observation in this study is the Jakarta Islamic Index that describes the share of sharia in Indonesia.
The result proves that profitability and firm size had significant effect to ISR disclosure which consistence with the all research before. While for leverage, likuidity and public ownership shareholder doesn?t have significant effect to ISR disclosure.

 File Digital: 1

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 106 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-19-700383501 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20320192