ASBTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor (karakteristik,pengetahuan,sikap, keterpaparan oleh media, ketersedian saran, dukungan orangtua, dukugan guru dan peraturan di sekolah) yang berhubungan dengan perilakumembuang sampah pada siswa di beberapa SDN se-Kecamatan Bantar Gebang.Desain penelitian yangdigunakan pada penelitian ini adalah desain cross-sectionaldengan total sampel berjumlah 400 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukandengan teknik multistage random sampling dan kuesioner digunakan sebagai alatukur penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 44,6% siswa yangberperilaku buruk terhadap sampah 49,7% diantaranya adalah para siswa laki-lakidan 39,3% siswa perempuan. Selain itu sebesar 46,3% siswa yang berperilakuburuk merupakan siswa yang berusia diatas rata-rata, sedangkan 42,2% berusiadibawah rata-rata. Berdasarkan uji khai kuadrat diperoleh 4 variabel yangmemiliki hubungaN bermakna dengan perilaku membuang sampah pada siswa dibeberapa SDN se-Kecamatan Bantar Gebang, yakni sikap (Pvalue= 0,046),dukungan guru (Pvalue= 0,040), keterpaparan oleh media (Pvalue= 0,017) danketersediaan sarana (Pvalue= 0,000). Lebih lanjut berdasarkan uji regresi logistikdidapatkan bahwa ketersedian sarana (Pvalue= 0,000) merupakan faktor yangpaling berpengaruh terhadap perilaku membuang sampah pada siswa di beberapaSDN se-Kecamatan Bantar Gebang. ABSTRACT The aim of this study was to analyze factors (characteristic, knowledge,attitude, media exposure, availability of facilities, parents? support, teacher?ssupport, and school regulation) related to garbage disposing behavior among 4thand 5th grade students in some elementary schools in Kecamatan Bantar Gebang.This study used cross sectional design with 400 students as the samples.Multistage random sampling was used as sampling technique, and questionnairewas used to collect the data. The result of this study showed that 44,6% studentshad inappropriate garbage disposing behavior, 49,7% of them were males, and39,3% were females. 46,3% students with inappropriate behavior were studentswhose age above the average. Chi square analysis showed variable that hadsignificant correlation with garbage disposing behavior are attitude (p=0,046),teacher?s support (p=0,040), media exposure (p=0,017) and availability offacilities (p=0,000). Linier regression was used for multivariate analysis and theresult shows that the availability of facilities has biggest influence toward thegarbage disposing behavior among students. |