ABSTRAK Air merupakan salah satu unsur penting tubuh dan salah satu zat gizi makro selainkarbohidrat, lemak, dan protein. Namun, air sering dilupakan sehingga tanpa disadari banyakremaja yang mengalami dehidrasi ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuihubungan aktivitas fisik, pengetahuan dan faktor lainnya dengan konsumsi air putih padamahasiswa FKM UI. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilaksanakanpada bulan April 2012 di FKM UI dengan total sampel 123 orang yang diambil dengansimpel random sampling. Variabel independen yang diambil adalah karakteristik responden(jenis kelamin, uang saku, pendidikan orangtua, pekerjaan orangtua, dan luas permukaantubuh), pengetahuan, kebiasaan, cara mendapatkan air minum, dan aktivitas fisik. Konsumsiair minum diperoleh dengan pengisian FFQ semi kuantitatif sementara variabel lainnyadiperoleh dengan pengisian kuesioner. Untuk luas permukaan tubuh diperoleh dari perkaliandengan rumus Du Bois antara berat badan yang diambil dengan timbangan seca dan tinggibadan yang diambil dengan microtoise. Analisis bivariat dilakukan dengan uji chi square.Terdapat 49,6% responden yang konsumsi air minumnya masih kurang dengan rata-rataminum 2.233 ml/hari. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa konsumsi air minummempunyai hubungan signifikan dengan aktivitas fisik, kebiasaan minum dan pengetahuan.Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kebiasaan minum yang baiksehingga dapat menyadari pentingnya air bagi tubuh. ABSTRACT Water is one important element of the body and one of the macro nutrientsother than carbohydrates, fats, and proteins. However, water is often forgotten thatmany teens who unwittingly mild dehydration. The purpose of this study was todetermine the relationship of physical activity, knowledge and other factors withthe consumption of water in FKM UI students. The study design was crosssectional. The experiment was conducted in April 2012 in FKM UI with totalsample 123 people are taken by simple random sampling. Independent variablestaken are the characteristics of the respondents (gender, allowances, parentaleducation, parental employment, and body surface area), knowledge, habits, howto get drinking water, and physical activity. Consumption of drinking water isobtained by semi-quantitative FFQ while the other variables obtained by filling aquestionnaire. Body surface area obtained from the multiplication formula of DuBois weight taken with Seca scales and height are taken with microtoise. Bivariatanalysis is carried out by chi square test. There were 49.6% of respondents stilllack drinking water consumption by an average drink 2233 ml / day. The resultsof statistical tests indicate that the consumption of drinking water has a significantrelationship with physical activity, drinking habits and knowledge. Students areexpected to increase the knowledge of good and drinking habits so as to realizethe importance of water for the body. |