Full Description

Cataloguing Source LibUI ind rda
Content Type text (rdacontent)
Media Type unmediated (rdamedia); computer (rdamedia)
Carrier Type volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier)
Physical Description x, 99 pages : illustration + appendix
Concise Text
Holding Institution Universitas Indonesia
Location Perpustakaan UI, Lantai 3
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 1
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
S18795 14-24-42602376 TERSEDIA
No review available for this collection: 20320773
 Abstract
Karya tulis ini membahas tentang strategi persaingan pemasaran bank serta prospeknya dalam era Undang-undang Perbankan 1992 dengan melakukan studi kasus penelitian pada Bank Bukopin. Karya tulis ini bertujuan untuk meneliti (1) hubungan antara pengelolaan strategi persaingan pemasaran bank dengan kinerja bank; (2) mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi kebijaksanaan pemasaran bank. Penulis menggunakan multiple regression analysis (analisa regresi berganda) dengan model regresi yang dibuat berdasarkan data masa lalu untuk membantu memproyeksikan altematif kebijaksanaan pemasaran yang akan dijalankan perusahaan. Selain itu, analisa ini juga ditunjang dengan SWOT Analysis, Boston Consulting Group Matrix dan General Electric's Mulufactor Portfolio Matrix untuk melihat posisi perusahaan dalam industri serta strategi bisnis yang dilakukan dalam rangka memperluas pangsa pasar. Dan penelitian yang dilakukan baik melalui observasi langsung pada Bank Bukopin maupun melalui perolehan data sekunder dari Bank Indonesia dan berbagai sumber lainnya menunjukkan bahwa perusahaan pada saat ini menjalankan strategi investasi yang bersifat selektif (selective investment), artinya perusahaan menerapkan strategi yang memfokuskan pada business line yang ada dan telah digelutinya serta berusahan untuk mempertahankan pangsa pasar pada segmen pasar yang telah dimasukinya. Kemudian, dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat beberapa hal yang menunjukkan bahwa untuk membuat atau melaksanakan strategi pemasarannya, bank/perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta menganalisa peluang pasar dan tantangannya sehingga dapat dibuat suatu strategi yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan.