:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis manajemen keselamatan laboratorium dasar proses kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia tahun 2012

Dewi Afriyanti; Fatma Lestari, supervisor; Dadan Erwandi, examiner; Anondho Wijanarko, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Laboratorium kimia yang digunakan pada institusi akademis termasuk dalam area kerja yang memiliki hazard dan risiko yang tinggi. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman para pelajar/mahasiswa dalam menangani bahan kimia dan peralatan praktikum yang digunakan dapat mempertinggi tingkat risiko akan yang terjadi di tempat tersebut. Oleh karena itu, diperlukan manajemen keselamatan yang efektif untuk mengendalikan risiko tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah mengevaluasi manajemen keselamatan yang dilakukan di Laboratorium DPK FTUI. Setiap program keselamatan yang ada akan dibandingkan dengan standar OSHA dan publikasi ACS. Task Risk Assessment (TRA) dari praktikum dan pengendalian risiko yang ada juga dibuat lalu dianalisis hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan manajemen keselamatan yang dilakukan sudah baik dengan adanya pengurangan tingkat risiko sebesar 50% dari risiko awal. Manajemen keselamatan yang dilakukan di laboratorium ini lebih dominan bersifat reaktif.

Chemical laboratories that used in academic institutions area included in the work areas that have high hazard and risk. Lack of students? knowledge and experience of the handling of chemicals and lab equipment used to enhance the level of risk that may occure. Therefore, an effective safety management is needed to control the risks. The purpose of this study is to evaluate the safety management conducted in the laboratory of DPK UI. Any existing safety program will be compared with the OSHA standards and the publication of the ACS. Task Risk Assessment (TRA) of the lab and control risks are also compiled and analyzed. The results showed that safety management is carried out either by a reduction in the risk level of 50% of the initial risk. Safety management in the laboratory is more dominant reactive.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 101 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-41191886 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20320864