Istilah emosi yang selama ini digunakan seperti marah, sedih, takut belum memiliki batasan yang jelas sehingga sulit dibedakan. Valensi merupakan salah satu dimensi yang dapat lebih jelas membedakan emosi yang dirasakan seorang individu. Valensi diukur melalui status updates di Twittter karena Twitter sekarang ini dapat digunakan sebagai alat untuk menangkap emosi yang dirasakan individu melalui status updates yang ditulis individu di Twitter. Pengukuran valensi melalui Twitter sudah dilakukan sebelumnya dalam beberapa penelitian (Kloumann, Danforth, Harris, Bliss, & Dodds, 2012; Dodds, Harris, Kloumann, Bliss, & Danforth, 2011).Dalam penelitian ini, penulis ingin mencoba pengukuran valensi melalui Twitter di Indonesia. Selain akan melihat distribusi valensi yang ada melalui Twitter, baik valensi kata maupun valensi partisipan, penelitian ini juga akan melihat ada atau tidaknya kesamaan valensi diantara individu yang berteman. Hal ini dikarenakan terdapat kesamaan diantara individu yang berteman (Baker, 1983). Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh Fowler dan Christakis (2008) juga menunjukkan bahwa emosi seorang individu tergantung oleh emosi individu lain yang terhubung dengannya, seperti keluarga, teman, tetangga. Analisis jejaring sosial berdasarkan hubungan pertemanan juga dilakukan untuk melihat gambaran hubungan pertemanan diantara partisipan. The term has been used in emotion such as anger, sadness, fear does not have clear boundaries so it?s difficult to distinguish. Valence is a dimension in emotion that can more clearly distinguish which emotions is felt by an individual. Valence is measured through status updates on Twitter because now it can be used as a tool to capture one invidual?s emotion through status updates on Twitter. Measurement of the valence through Twitter already done before in several research (Kloumann, Danforth, Harris, Bliss, & Dodds, 2012; Dodds, Harris, Kloumann, Bliss, & Danforth, 2011).In this study, the authors want to try to measure the valence through Twitter in Indonesia. Besides the valence distribution, both word valence and participants valence, the study will also look at whether there is any similarity valence between individuals who are friends. This is because there are similarities among individuals who are friends (Baker, 1983). In addition, the results of research conducted by Fowler and Christakis (2008) also showed that the emotions of an individual depends on the emotions of other individuals who connected with them, such as family, friends, neighbors. Social network analysis based on friendship also made to see the picture of the friendship among the participants. |