:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Intergroup bias among Jakarta's road users = Kecenderungan bias antar kelompok pada pengguna jalan di Jakarta

Amarina Ariyanto ([Fakultas Psikologi Universitas Indonesia;Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia], 2011)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena persepsi antar kelompok, khususnya fenomena bias antar kelompok
pada pengguna jalan di Jakarta. Bias antar kelompok adalah kecenderungan untuk mempersepsi, mengutamakan dan memperlakukan kelompok sendiri (ingroup) secara lebih baik dibandingkan kelompok lain (outgroup). Partisipan penelitian ini adalah 360 pengguna jalan, terdiri dari pengemudi kendaraan pribadi (N= 45), pengemudi motor (N= 51),
pengemudi kendaraan umum (N= 50), polisi lalu lintas (N= 54), pejalan kaki (N= 49), pedagang kaki lima (N= 58) dan satuan pengaman pasar atau satpol PP (N= 58). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (tujuh versi kuesioner), dan bias antar kelompok yang terjadi digali melalui tiga macam cara, yaitu bias persepsi antar kelompok, bias atribusi, dan
alokasi sumber daya antar kelompok. Temuan
studi menunjukkan adanya kecenderungan bias persepsi yang bervariasi antar kelompok pengguna jalan raya, baik dalam bentuk bias persepsi, bias atribusi maupun alokasi sumber daya. Bias yang sangat kuat untuk atribusi terhadap tingkah laku yang positif terlihat pada
pengendara motor, pengendara kendaraan umum, dan pedagang kaki lima. Untuk tingkah laku negatif terdapat biaspada semua kelompok penelitian. Bias persepsi juga terd
apat pada semua kelompok penelitian, demikian pula dengan
alokasi sumber daya.

Abstract

The goal of this study is to examine intergroup bias among people who use roads in Jakarta. Intergroup bias refers to the
tendency to prioritize, treat and perceive in-group members more favorable than out-groups. Three different groups of
road users participated in this study: private drivers, motor
riders, and public transportation drivers. Intergroup bias is
measured as perception bias and attributio
n bias. The findings show that both forms of bias occur among the road users. Intergroup attribution bias that is found among the three groups are more in-group than out-group attribution bias.
The private car drivers, motor riders, and public transportati
on drivers tend to attribute positive behavior of in-group to
internal factor and negative behavior of in-group to external factors. Index of effect size in perception bias indicates substantive levels and represents
large effect in the population.

 Metadata

No. Panggil : J-pdf
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Psikologi Universitas Indonesia;Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia], 2011
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
ISSN : 2355794x
Majalah/Jurnal : Makara : Sosial Humaniora
Volume : Vol.15, No. 2, Desember 2011: 127-139
Tipe Konten : teks
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Akses Elektronik : http://journal.ui.ac.id/index.php/humanities/article/viewFile/1419/1250
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
J-pdf 03-19-588082246 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20322197