Artikel ini mendeskripsikan etika kebijaksanaan dalam ajaran budi pekerti luhur penghayat kepercayaan.Pendeskripsian dilakukan dengan pemahaman analitis etnografis terhadap aktualisasi budi pekerti luhur penghayatkepercayaan kejawen. Pengumpulandata dilakukan dengan cara participant observationdan wawancara mendalam dengan informan secarasnowballing. Hasil kajian menunjukkan bahwa etika kebijaksanaan dalam ajaran budi pekerti luhur penghayat kepercayaan kejawen dapat digolongkan dalam dua hal. Pertama, etika kebijaksanaan di tingkatpaguyuban, yaitu hidup yang selalu mengedepankan sikap (1) pasrah, berserah diri kepada Tuhan secara total (sumarah)dan (2) bertindak jujur dan ikhlas. Kedua, penghayat hendaknya tolong-menolong. Etika kebijaksanaan ini merupakanaktualisasi dari konsep ?tapa ngrame?. Tapa ngramedilakukan dengan semangat sepi ing pamrihyang diasumsikan akan menjadi perwujudan pandangan hidup ?memayu hayuning bawana ? Dengan cara ini penghayat meyakini bahwa hidup mereka kelak dapat mencapai cita-cita tertinggi, yaitu ?manunggaling kawula-Gusti.? Abstract This article aims to describe wisdom etic in the dedactic ofbudi pekerti luhuron Javanese believe (vivify). Thedescription is provided using ethnographic analytic on the actualization of budi pekerti luhur on Javanese believe. Thedata collection was held by taking participant observation and indepth interview with the informant using snowballingmethod. The study shows that budi pekerti luhuron Javanese believe can be categorized into two matters: The first,wisdom etic in congregation level i.c. life that always attitude of: (1)pasrah , submit to God totally (sumarah), and (2) the honest and sincere. The second, help mutual. This wisdom etic as actualization of concepttapa ngrame. Tapa ngrame conducted by sepi ing pamrih spirit than as shape of world view on memayu hayuning bawana. This way vivify believe that their the next time life can achievement of the desired high level on manunggaling kawula-Gusti. |