Analisis keterbacaan teks buku pelajaran kelas III SD : studi kasus untuk teks bahasa indonesia, IPA, dan IPS = analysis of 3rd grade primary school textbook Readability: case study for indonesian language, science, and social text
(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)
|
Skripsi ini membahas keterbacaan dalam kaitannya dengan linguistik.Tingkat keterbacaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Cloze Test.Permasalahan linguistik siswa kelas III SD dalam memahami teks buku pelajaranakan diungkap dengan menganalisis kelas kata hasil isian Cloze Test. Penelitianini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kurangnya pemahaman gramatikal, semantik, dan kontekswacana pada siswa adalah penyebab rendahnya keterbacaan teks. Abstract This undergraduated thesis is discussed readability in relation to linguistic.Score of readability in this study were measured by using a Cloze Test. Linguisticproblems of students in third grade primary school textbooks to understand thetext will be revealed by analyzing the word category of the completed Cloze Test.This research is a qualitative descriptive analysis. The results showed that a lackof understanding of the grammatical, semantic, and context of discourse are thecauses of low text readability. |
|
No. Panggil : | S43507 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xiii, 62 hlm. ; 30 cm + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S43507 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20323993 |