:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perlindungan hukum terhadap bank dan nasabah dalam sistem pembayaran real time goross settlemet

Indra Natakusuma; Edmon Makarim, supervisor; Aad Rusyad Nurdin, supervisor (Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Sebagai bagian dari tugas Bank Indonesia dalam mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, Bank Indonesia mengimplementasikan sistem pembayaran Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS). Sistem ini dikembangkan untuk mencapai sistem pembayaran yang efisien, cepat, aman dan handal. BI-RTGS adalah suatu sistem transfer dana elektronik antar Peserta dalam mata uang rupiah yang penyelesaiannya dilakukan secara seketika per transaksi secara individual.
Penggunaan teknologi elektronis dalam penerapan sistem BI-RTGS menghasilkan sistem pembayaran nasional dengan kecepatan dan ketepatan, karena setiap transaksi dilakukan secara individual dengan waktu seketika. Namun demikian, bukan berarti sistem pembayaran BI-RTGS terlepas dari suatu resiko. Resiko dalam konteks ini ialah, resiko yang disebabkan oleh pihak yang terkait dalam sistem BI-RTGS sehingga menimbulkan kerugian bagi pihak lainnya. Disamping hal tersebut, Bank Indonesia selain sebagai penyelenggara sistem BI-RTGS juga sebagai peserta. Kedua peran tersebut dapat menimbulkan suatu benturan kepentingan (conflict of Interest), dikhawatirkan dalam kondisi tertentu Bank Indonesia sebagai peserta dapat diperlakukan istimewa, berbeda dengan peserta lainnya dalam Sistem BI-RTGS, sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi peserta lainnya tersebut dan akhirnya bagi nasabah dalam transaksi BI-RTGS untuk kepentingan nasabah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang menggunakan jenis data sekunder, yang dilengkapi dengan alat pengumpulan data berupa wawancara dengan narasumber terkait. Perlindungan hukum terhadap bank dan nasabah dalam sistem BI-RTGS, perlu terus dikaji dan dikembangkan, sehingga segala kemungkinan yang dapat merugikan bank dan nasabah dapat diatasi dengan baik dan terciptanya perlindungan hukum bagi bank dan nasabah dalam sistem BIRTGS dengan baik.

 File Digital: 1

Shelf
 S24594-Indra Natakusuma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S24594
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 157 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S24594 14-22-52186808 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20325496