:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Improved optical probe for measuring phytoplankton suspension concentration based on optical fluoresensce and absorption = Penyempurnaan probe optik untuk mengukur konsentrasi suspensi phytoplankton dengan memanfaatkan fluoresensi dan absorpsi cahaya

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Pada makalah ini dilaporkan hasil rancang bangun penyempurnaan probe optik untuk mengukur konsentrasi suspensi phytoplankton. Dari hasil pengujian skala laboratorium dengan menggunakan kultur Scenedesmus sp. ditunjukkan bahwa untuk rentang konsentrasi dari 10 pangkat 4 hingga di sekitar 1 x 10 pangkat 6 sel/mL intensitas fluoresensi pada λ = 685 nm memiliki hubungan yang linier terhadap konsentrasi sel dengan konstantaproporsianlγ = 4×10-5mL/sel. sementara itu untuk rentang konsentrasi yang sama, logaritma intensitas pada λ= 405 nm berbanding lurus dengan konsentrasi sel dengan konstatnta proporsional β= ?2×10-7mL/sel.

This paper discusses the results of improved optical probe that works according to optical fluorescence and absorption phenomena for measuring the phytoplankton suspension concentrations. Measurements are made on the Scenedesmus sp. culture. The laboratory test has shown that range of concentration from 10 up to around 1 x 10 cells/mL; fluorescence intensity at λ= 685 nm; and logarithmic of transmission intensity at λ = 405 nm are proportional to the cell concentration linear with proportional constant γ=4×10-5 and β= ?2×10-7mL/cell respectively.

 Metadata

No. Panggil : pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Sumber Pengatalogan :
ISSN :
Majalah/Jurnal : Makara : Teknologi
Volume : Vol. 16, No. 2, November 2012: 116-120
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik : http://journal.ui.ac.id/index.php/technology/article/viewFile/1509/1307
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20328369