:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Observation of center disaster damage on Pariaman and Wasior using Differential SAR Interferometry (DinSAR) = Pengamatan pusat kerusakan akibat bencana alam di Pariaman dan Wasior menggunakan Differential SAR Interferometry (DInSAR)

([Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia], 2012)

 Abstrak

Penelitian ini difokuskan untuk mengamati bencana alam yang terjadi di Pariaman (Sumatera Barat) dan Wasior (Papua) menggunakan teknik-teknik penginderaan jauh (differential SAR interferometry). Metode DInSAR diterapkan pada dua data PALSAR yang diakuisisi pada bulan yang berbeda, yaitu sekitar sebulan sebelum dan setelah terjadinya bencana. Dengan menganalisis penurunan muka tanah (land subsidence) menggunakan metode ini dapat diketahui pusat bencana yang terjadi akibat gempa bumi di Pariaman dan banjir lumpur di Wasior.

Abstract
This study focuses on disaster observations in Pariaman (West Sumatera) and Wasior (Papua) using remote sensing techniques (differential SAR interferometry). Differential interferometry (DInSAR) method was performed on two PALSAR data sets with different acquisition months, i.e. about a month after and before disaster, respectively. The center damage of Pariaman earthquake and Wasior flood can be determined by deriving Land Subsidence using DInSAR method.

 Metadata

No. Panggil : pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia], 2012
Sumber Pengatalogan :
ISSN :
Majalah/Jurnal : Makara : Teknologi
Volume : Vol. 16, No. 2, November 2012: 144-148
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik : http://journal.ui.ac.id/index.php/technology/article/viewFile/1513/1311
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20328373