:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Isolasi dan identifikasi Khamir dari buah-buahan tropis

Siti Apia; Indrawati Gandjar, supervisor; Ariyanti Oetari, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian yaitu mengisolasi dan mengidentifikasi khamir dari beberapa jenis buah tropis yang berasal dari Bogor, Cibinong, Pasar Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, dan Pasar Minggu. Buah yang digunakan dalam penelitian mi adalah: alpukat, belimbing, ceremei, cempedak, duku, gohok, kecapi, kesemek, lengkeng, manggis, markisa, menteng, pala, dan sawo. Isolasi dilakukan pada medium Yeast-extract Malt-extract Agar (YMA) dan identifikasi yang dilakukan meliputi hidrolisis urea, pertumbuhan pada medium cair, pertumbuhan pada medium padat, pembentukan miselium, pembentukan askospora, fermentasi, dan asimilasi karbon, serta asimilasi nitrogen. Hasil penelitian ini adalah: Hansenula beijerinckii van der Walt dari kesemek, H. anomala var. schneggii (Weber) Wickerham dari cempedak, H. subpelliculosa Bedford dari markisa, Pichia acaciae van der Walt dari duku dan menteng, P. besseyi Kurtzman et Wickerham dari sawo, P. burtonii Boidin, Pignal, Lehodey, Vey et Abadle dari pala, P. delftensis Beech dari manggis, P. kluyveri Bedford dari belimbing dan ceremai, P. ohmeri (Etchells et Bell) Kreger-van Rij dari markisa, kecapi, dan manggis, P. rhodanensis (Ramirez et Boidin) Phaff dari manggis, P. terricola van der Walt dari kesemek dan gohok, P. toletana (Socias,
Ramirez et Pelaez) Kreger-van Rij dari cempedak, Pstrasburgensis (Ramirez et Boidin) Phaff dari lengkeng, P. norvegensis Leask et Yarrow dan sawo. Saccharomyces cerevisiae Hansen dari pala, sawo, dan duku, Sacch. Italicus Castelli dari markisa, Sacch. kluyveri Phaff, Miller et Shifrine dari alpukat dan sawo, Trichosporon eriense Hedrick et Dupont dari alpukat. Sebagian besar khamir yang ditemukan berasal dari kelas Ascomycetes dan marga Pichia paling banyak ditemukan, yaitu pada 13 sampel buah dari 14 sampet buah yang diteliti.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Siti Apia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Indonesia, 1998
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 88 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-18-800026827 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20328386