ABSTRAK Kebudayaan, khususnya komponen nilai, dapat dipelajari melalui prosespendidikan. Pendidikan menjadi isu penting karena pendidikan memainkan peranyang penting dalam sosialisasi pada diri anak-anak. Menjadi sesuatu yangkontradiktif ketika budaya di sekolah bertentangan budaya di masyarakat,khususnya budaya di sebagian kalangan pelajar. Misalnya, masyarakat tidakmembenarkan kenakalan pelajar seperti tawuran, pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba. Tetapi justru sebagian pelajar justru terlibat dalam kenakalanpelajar tersebut.Sekolah sebagai lembaga pendidikan tentunya mempunyai peranpenting untuk membendung kenakalan pelajar. Sekolah pada umumnya memilikivisi, misi, nilai, program dan tata tertib yang menentang kenakalan pelajartersebut. Visi, misi, nilai, program dan tata tertib sekolah dapat disebut sebagaischool culture. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan school culture diSMA Islam Terpadu Nurul Fikri (SMAIT NF) Depok. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus.Nilai SMART merupakan inti school culture SMAIT NF Depok. School cultureSMAIT NF Depok secara umum cukup berjalan cukup baik. Hal tersebutdidukung oleh pelaksanaan sosialisasi SMART sejak Masa Orientasi Sekolah(MOS). SMART juga dimasukkan ke dalam buku pedoman tata tertib siswa dandievaluasi setiap bulan. SMART juga berlaku bagi guru dan karyawan tetapisosialisasi dan evaluasi belum optimal. Tetapi elemen school culture yang masihlemah di SMAIT NF Depok adalah dokumentasi sejarah dan artefak simbolik.Nilai SMART yang berlaku bagi semua warga SMAIT NF Depok baik siswa,guru maupun karyawan seharusnya didukung oleh kebijakan, konsep dan berbagaiperangkat yang lebih tepat guna. Sehingga nilai SMART secara konkret dapatbekerja sebagai inti shoool culture SMAIT NF Depok. ABSTRACT Culture, especially a value component can be learnt through a learning process.Education becomes an important issue because education plays the crucial role insocialization especially for children. Being a contradictive when culture in the schoolis against the culture in society, especially the culture in students. For instance, thesociety blames teenages delinquency for example riot and loothing, free sex, anddrug abuse. However a part of the students are involved in the teenages delinquency.School as the education institution has the crucial role to prevent teenagesdelinquency. Generally, school owns vision, missions, values, program andregulations which are against the teenages delinquency. Vision, missions, values,program and regulations are mentioned as a school culture. The research aims todescribe school culture in Nurul Fikri Depok Integrated Islamic Senior High School(SMAIT NF). This research uses qualitative approach by case study strategy.SMART value is the core of the school culture of SMAIT NF Depok. Generally, theschool culture of SMAIT NF Depok carries out well. It has been supported by animplementation of SMART socialization since School Orientation Period(SOP/MOS). SMART is included in a guidance book of students regulations and itis evaluated every month. SMART is also intended for teachers and staff, howeverthe socialization and evaluation have not been optimal. The weak elements of schoolculture in SMAIT NF Depok are historical documentation and symbolic artefact.SMART value which is valid for all SMAIT NF Depok society both students,teachers and staff must be supported by the exact and useable policy, concept andvarious frames. Therefore SMART value can concretely work as the school culturecore of SMAIT NF Depok. |