:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Program pelatihan Fathering untuk meningkatkan intensi keterlibatan ayah dalam aktifitas pengasuhan anak di Kabupaten Garut = Fathering training program to increase the intention of father involvement in Kabupaten Garut

Endah Sugih Hartini; Diennaryati Tjokrosuprihatono, supervisor; Surastuti Hadiwinoto Nurdadi, supervisor; Rose Mini Agoes Salim, examiner; Wahyu Indianti, examiner ([Publisher not identified] , 2013)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan intensi keterlibatan ayah dalam aktifitas pengasuhan anak di Kabupaten Garut melalui kegiatan pelatihan dengan menggunakan pendekatan participatory training. Alur pelatihan ini didasarkan pada teori three-steps-chane model yang dikemukakan oleh Lewin namun hanya dilaksanakan hingga tahap unfreezing karena keterbatasan waktu. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini didasarkan pada konstruk keterlibatan ayah dalam aktifitas pengasuhan anak yang dikemukakan oleh Lamb dimana menurutnya, keterlibatan ayah dalam aktifitas pengasuhan anak memiliki tiga dimensi, yaitu engagement, availability, dan responsibility. Pelatihan Fathering ini sendiri dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2012 dan diikuti oleh 12 peserta. Pengukuran intensi dilakukan pada saat sebelum dan sesudah pelatihan diberikan sehingga penelitian ini memiliki disain before-and-after study. Hasil penelitian diukur dengan menggunakan analisa t-test yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi perbandingan skor intensi keterlibatan ayah dalam aktifitas pengasuhan anak antara sebelum dan sesudah pelatihan adalah 0.006 (p<0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat intensi keterlibatan ayah di Kabupaten Garut dalam aktifitas pengasuhan anak antara sebelum dan sesudah pelatihan fathering diberikan.

ABSTRACT
The purpose of this study is to increase the intention of father involvement in Kabupaten Garut through a participatory training program. The steps of this training are based on the three-steps-change model, proposed by Lewin. Due to the time constrains, this training is only held up to the unfreezing stage. The presented material in this training is based on the construct of father involvement proposed by Lamb which has three dimensions: engagement, availability, and responsibility. This training was held on December 24, 2012 and attended by 12 participants. This research using the before and after study research design so that the level of father involvement intention was measured before and after the fathering training so. The result of measurement was compared using t-test analysis and showed that the significant level was 0.006 (p <0.05) which could be interpreted that there is a significant difference on the level of participants’ father involvement intention before and after the training.

 File Digital: 1

Shelf
 T 33127-Endah Sugih Hartini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : T33127
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 89 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33127 T33127 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329434