:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna aplikasi Laporan PP 39/2006 di Kementerian/Lembaga Republik Indonesia = Analysis affecting factors of user acceptance for Report Application Based on PP 39/2006 in Ministry/Agency of Indonesia Republic

Sinta Paramita; Sensuse, Dana Indra, supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Monitoring dan Evaluasi merupakan bagian penting dalam pelaksanaan perencanaan. Oleh karena itu, dalam Peraturan Perandungan No 39 Tahun 2009 (PP 39/2006) diatur mengenai tata laksana pelaporan mengenai pelaksanaan rencana pembangunan yang dilakukan oleh seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah. Data hasil laporan pelaksanaan rencana pembangunan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk perencanaan pembangunan di tahun selanjutnya. Oleh karena itu data yang akurat dan tepat waktu menjadi sangat penting dalam pelaksanaan proses ini. Maka, untuk mempermudah dan membantu Kementerian/Lemabaga dan Daerah dalam melakukan pelaporan dibangunlah sebuah Aplikasi pelaporan berdasarkan PP 39/2006. Semenjak digunakan pada 2009, Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan oleh seluruh Kementerian/Lembaga sebagai media yang membantu penyusunan pelaporan PP 39/2006. Namun, pada prakteknya hanya 60% dari total seluruh Kementerian/Lembaga dan daerah yang menggunakannya. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap Aplikasi PP 39/2006.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), yaitu dengan menambahkan faktor-faktor eksternal yang disesuaikan dengan Aplikasi PP 39/2006 : (1) job Relevance; (2) Output Quality; (3) Self Efficacy; (4) Accessibility. Model akan diolah dengan menggunakan Structural Equation model (SEM). Selain itu, Penelitian ini menggunakan metode Angket dalam pengumpulan data. Sampel yang diambil adalah seluruh pengguna di tingkat Kementerian/Lembaga dengan Jumlah data yang diolah adalah 130. kemudian data tersebut akan diolah menggunakan AMOS 21.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Job relevance dan output quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perceived Usefulness, dan Accessibility memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Ease of Use. Maka faktor-faktor yang mempengaruhi Penerimaan pengguna terhadap Aplikasi PP 39/2006 adalah Job relevance, Output Quality, Perceived Ease of Use, Accessibility, dan Perceived Ease of Use.

Monitoring and evaluating are the imortant parts on planning regulation. Ruled by law No 39 years 2006 (PP 39/2006), the report regulation was consist the regulation of report that is done by all ministry of Indonesian government. The report data from the application is used as base to plan the development in next year. The accurate and on time data is verry neccesary for this report. Thats why, to make the simple process, the report application was made. Since 2009, this application was assesed to be used by all the ministry of Indonesian government to help the report establisment as said on PP 39/2006. Meanwhile, this application only used by 60% of ministry of Indoensian government. Then this research was done to know the factors that influence the user accpetance of PP 39/2006 application.
This research was done with Technology Acceptance Model (TAM), and add the external factors suited by PP 39/2006 application: (1) job Relevance; (2) Output Quality; (3) Self Efficacy; (4) Accessibility. This model was processed with Structural Equation model (SEM).. Meanwhile, this research is used the questionneire method tocollect the data. Sample of this method was taken by all the user inministry level with value of 130 data and then processed with AMOS 21.
The result of this research was that the Job relevance and output quality has the positive effect and significant to Perceived Ease of Use, and Accessubulity has the positive effect and significant to Perceived Ease of Use. Thats why the factors influencing the user acceptance with PP 39/2006 application are Job relevance, Output Quality, Perceived Ease of Use, Accessibility, dan Perceived Ease of Use.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Sinta Paramita.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 111 hlm. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-22-54737714 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329670