Pengaruh Servant Leadership terhadap kepuasan kerja karyawan Kantor Pelayanan Pajak di Jakarta = The effect of servant leadership to job satisfaction of tax Office Employees in Jakarta / Andes Parlin
Andes Parlin;
Yanki Hartijasti, supervisor; Aryana Satrya, examiner; Pangaribuan, Tigor, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Kepuasan kerja merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh KantorPelayanan Pajak (KPP) di Jakarta karena dapat memberikan dampak kepadaprestasi kerja karyawan. Mempengaruhi kepuasan kerja dapat diartikan sebagaitindakan mempengaruhi perilaku karyawan untuk meningkatkan prestasi kerjamereka. Secara teoritis, kepemimpinan merupakan faktor penting yangmempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Terkait dengan hal ini, sesuai dengansasaran reformasi birokrasi berupa peningkatan pelayanan publik, maka pemimpinyang dibutuhkan oleh KPP di Jakarta saat ini adalah pemimpin yang dapatmemberikan teladan dalam melayani orang lain. Gaya kepemimpinan yang fokusdalam melayani orang lain terutama bawahan adalah servant leadership. Melaluiketeladanan dalam melayani orang lain, pemimpin servant berusaha menciptakanbawahan yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk melayani orang lain.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh servant leadership terhadapkepuasan kerja karyawan Kantor Pelayanan Pajak di Jakarta. Respondenpenelitian ini berjumlah sebanyak 438 orang yang berasal dari 12 KPP di Jakarta.Instrumen pengukuran servant leadership yang digunakan dalam penelitian inimerupakan adaptasi dan kombinasi dari servant leadership questionnaire yangdikembangkan oleh Ehrhart (2004) dan Liden et al. (2008). Sedangkan instrumenpengukuran kepuasan kerja yang digunakan merupakan adaptasi dari jobsatisfaction survey Spector (1997). Hasil penelitian membuktikan bahwa servantleadership memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap setiap dimensikepuasan kerja karyawan KPP di Jakarta. Berperilaku etis dan menciptakan nilaibagi orang lain di luar organisasi merupakan dimensi servant leadership yangpaling banyak mempengaruhi dimensi kepuasan kerja karyawan. Hal inimembuktikan bahwa keteladanan atasan melalui perilaku etis dibutuhkanbawahan untuk mensukseskan program reformasi birokrasi yang fokus padaperbaikan pelayanan kepada wajib pajak. ABSTRACT Job satisfaction is an important thing that must be considered by the tax offices inJakarta because it had an impact on employee performance. Affecting jobsatisfaction can be defined as the act of influencing the employees behavior toimprove their job performance. Theoretically, leadership is an important factorthat affecting job satisfaction. In this regard, in accordance with the objectives ofbureaucratic reform that is increasing of public services, the leaders needed at thetax offices in Jakarta today is a leader who can set an example in serving others.The leadership style that focused on serving others, especially subordinates isservant leadership. By example in serving others, servant leader is trying to createa subordinate who have the ability and willingness to serve others. This researchwas conducted to determine the effect of servant leadership to job satisfaction oftax office employees in Jakarta. The respondents of this study is 438 employeesfrom twelve tax offices in Jakarta. Servant leadership instrument used in thisstudy is an adaptation and combination of servant leadership questionnaire whichis developed by Ehrhart (2004) and Liden et al. (2008). While job satisfactioninstrument used is an adaptation of Spector’s job satisfaction survey (1997). Thisresearch proves that servant leadership has a significant positive effect on everyjob satisfaction dimensions of tax office employees in Jakarta. Behaving ethicallyand create value for others outside the organization are servant leadershipdimensions that have the most influence on job satisfaction dimensions. It provesthat an exemplary from a leader through ethical behavior is required bysubordinate to succeed bureaucratic reform program that focuses on improvingservices to taxpayers. |
![]()
|
No. Panggil : | T34764 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ita rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 92 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34764 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329766 |