Pengaruh orientasi pemasaran relasional terhadap loyalitas pelanggan dengan demografi sebagai variabel moderasi : studi kasus pelanggan CV. XYZ = Impact of relationship marketing orientation on customer loyalty with demographic as moderation variable : case study customer's of CV. XYZ / Eric Fazar Irawan
Eric Fazar Irawan;
Bambang Wiharto, supervisor; M. Gunawan Alif, examiner; Triyono Arief Wahyudi, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013)
|
ABSTRAK Tesis ini membahas mengenai pengaruh moderasi variabel demografi terhadaphubungan orientasi pemasaran relasional dengan loyalitas pelanggan. Dalampenelitian ini digunakan construct orientasi pemasaran relasional sebagai suatubangunan multi dimensional yang terdiri atas 5 komponen perilaku yakni :Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Keterikatan dan Kepuasan. Penelitiandilakukan di tahun 2012 dengan jumlah responden sebanyak 100 orang.Responden adalah para pelanggan dari CV. XYZ sebuah perusahaan jasa yangmenjadi agen penjualan mesin-mesin produksi untuk industri makanan terutamauntuk produk biskuit, usaha lain dari CV XYZ adalah pembuatan sparepartsmesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel demografi jenis kelaminmemberikan efek moderasi terhadap hubungan orientasi pemasaran relasionaldengan loyalitas pelanggan. Terdapat pengaruh interaksi pada variabel kepuasandan loyalitas pelanggan. Sedangkan variabel pendidikan memberikan pengaruhmoderasi main effect pada variabel kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hasilpenelitian bisa digunakan sebagai acuan perusahaan dalam mengambil strategipemasaran relasional dan juga sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. ABSTRACT This thesis discusses moderating impact of demographic variables (gender andeducation) on marketing relationship orientation with customer loyalty. In thisresearch, relationship market ing orientation used construct as a multidimensionalstructure consisting of five components namely behavior: Trust,Commitment, Communication, Bonding and Satisfaction. The study aims to testmoderating impact of demographic variables (gender and education) on marketingrelationship orientation with customer loyalty. Research conducted in 2012 withthe number of respondents were 100 people. Respondents were customers of CV.XYZ which is a service company as a sales agent of production processmachineries for the food industry, especially for biscuit products, others businessof CV XYZ is manufacturing of spare parts machines. The results showed that thedemographic variables - gender has moderating effect on relationship marketingorientation with customer loyalty. There was an interaction effects on customersatisfaction and loyalty variable. While the education variable providingmoderation main effect on customer satisfaction and loyalty variable. The resultscan be used as a reference for company to evaluate relationship marketing strategyas well as a reference for future studies |
T34735-Eric Fazar Irawan.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T34735 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ita rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 85 pages ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T34735 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329767 |