ABSTRAK Aliansi strategis atau perikatan kerjasama antara dua atau lebih perusahaan dapatmenjadi wahana bagi para pihak untuk mendapatkan pengetahuan dari pihak lain.Terjadinya alih pengetahuan tersebut sangat dipengaruhi oleh kemauan masingmasingpihak untuk memberi dan menerima. Penelitian tentang alih pengetahuantelah banyak dilakukan dengan menguji berbagai faktor-faktor yangmempengaruhi, diantaranya adalah niat dan motivasi belajar, absorptive capacity,kemenarikan mitra, ambiguity, kualitas hubungan, dan protectiveness. Namundemikian, belum dilakukan penelitian yang secara simultan memeriksa pengaruhkarakter dari partner yakni attractiveness dan protectiveness berikut niat belajardari pihak penerima terhadap alih pengetahuan. Tulisan ini meneliti pengaruhattractiveness, intent dan protectiveness terhadap alih pengetahuan. Penelitianpada level individu terhadap tujuh aliansi strategis perusahaan minyak diIndonesia dalam bentuk JOB/BOB Pertamina dengan berbagai perusahaan lain,menemukan attractiveness mitra mempengaruhi intent perusahaan untukmenerima pengetahuan dan intent sangat berpengaruh secara signifikan terhadapalih pengetahuan. Meskipun protectiveness diduga menghambat alih pengetahuan,namun penelitian ini menemukan bahwa pengaruh tersebut tidak signifikan. ABSTRACT Strategic Alliance or cooperation between two or more company can be a tools foreach company to get knowledge from each other. This knowledge transfer is veryeffected by each party’s willingness to give and to take that knowledge. Researchin knowledge transfer has been conducted to test a various factors that effected it,such as learning intent and motivation, absorptive capacity, partner attractiveness,ambiguity, relationship quality and protectiveness. Yet, there is no researchsimultanously test the effect of partner characteristics namely attractiveness andprotectiveness with recipient’s intent to the knowledge transfer. This paper searchthe simultanously effect of attractiveness, intent and protectiveness to theknowledge transfer. This research at individual level on seven oil companystrategic alliances in Indonesia that is Pertamina’s JOB/BOB with various otheroil company, indicated that partner attractiveness is affecting company intent toget knowledge and this intent is very significantly effecting to knowledge transfer.Although protectiveness is predicted will hindered knowledge transfer, thisresearch found that this effect is not significant. |