ABSTRAK Pemahaman awal tentang merek adalah sebuah tanda agar konsumen bisamembedakan satu produk dengan lainnya, tetapi dalam perkembangannya merekmenjadi hal yang sangat penting karena semakin banyaknya merek dengankategori jenis produk yang sama bersaing memperebutkan konsumen yang ada.Kekuatan sebuah merek memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan,sehingga setiap perusahaan harus membangun dan memelihara merek, karenadengan merek yang kuat maka konsumen akan semakin susah untukmeninggalkan merek tersebut.Selain itu, perkembangan kehidupan konsumen yang semakin maju, membuatkonsumen merasa waktu yang dimiliki semakin sempit, sehingga merekamemerlukan segala sesuatu yang praktis dengan tetap memperhatikankehigienisan suatu produk.Produk yang dikemas secara modern dan higienis yang memperhatikan kebutuhandan keinginan konsumen akan kepraktisan dan kehigienisan semakin banyakbermunculan, salah satunya adalah pada kategori seasoning seperti produk terasi.Terasi MamaSuka adalah produk kategori seasoning yang merupakan produk metoo dari terasi ABC. Terasi MamaSuka adalah salah satu produk dari PT. JicoAgung yang memiliki market share yang cukup besar setelah terasi ABC. Dalamkompetisinya dengan terasi ABC, maka PT. Jico Agung sebagai pemegang merekMamaSuka harus mengelola merek MamaSuka dengan baik, agar semakin kuatdan bisa mengalahkan terasi ABC.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis brand equity terasi MamaSuka padaelemen brand awareness, brand association, perceived quality ,dan brand loyalty.Penelitian ini diadakan di daerah Jakarta, dengan metode pengambilan sampelPurposive sampling. Sedangkan untuk alat analisis, Skala likert, Skala semanticdifferential dan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada elemen brand awareness merekMamaSuka adalah merek kedua yang selalu diingat oleh konsumen setelah ABC.Pada elemen brand association menunjukkan asosiasi dibuat dari udang asli danharganya terjangkau merupakan asosiasi yang paling kuat. Penilaian konsumenpada perceived quality menunjukkan bahwa terasi MamaSuka dinilai tinggi padaatribut mudah didapatkan, rasanya enak, dan kualitas terjamin. Analisa brandloyalty menunjukkan bahwa terasi MamaSuka belum memiliki brand loyalty yangbelum kuat, hal ini tercermin dari bentuk piramida brand loyalty yang mengecilpada tingkatan liking the brand dan committed buyer. ABSTRACT An initial understanding of the brand is a sign that consumers can distinguish oneproduct to another product. In its development, the brand becomes very importantbecause brands from the same category of products will compete each other forgetting existing customers.The power of a brand provides many benefits for the company, so that eachcompany must build its brand and maintain it. With a strong brand, consumerswill be more difficult to leave the brand.In addition, the development of more advanced consumer life, consumers don’thave enough time so they require practically everything and maintaining abouthygienic product.Products are packaged in a modern and hygienic packaging to the needs anddesires of consumers to be practical and hygienic more and more popping up, oneof which is the seasoning kategori such as fish paste products. In shrimp pastecondiment products, MamaSuka is me too products which is from ABC shrimppaste. Terasi MamaSuka is one product of the PT. Jico Agung which has hugemarket share after ABC shrimp paste. By the competition with ABC shrimp paste,then PT. Jico Agung as the MamaSuka brand holder must manage MamaSukabrand so well, to be more powerful and can beat ABC shrimp paste.The purpose of this study was to analyze brand equity elements condiment ofMamaSuka on brand awareness, brand association, perceived quality, and brandloyalty. The research was conducted in Jakarta with Purposive sampling method.As for the analytical tools, researcher Likert scale, semantic differential scale anddescriptive analysis.The results showed that MamaSuka brand awareness is the second model which isremembered by the consumer after the ABC’s brand awareness. Brand associationshows made from native shrimp and affordable price which are the most powerfulassociations. Consumer ratings on perceived quality showed that MamaSukashrimp paste has high rating on easily obtainable attributes, it feels good, andquality assured. Analysis shows that MamaSuka’s brand loyalty do not have astrong brand loyalty yet, which is reflected from a pyramid shape of brand loyaltydecreases on the level of liking the brand and committed buyer. |