:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemaknaan metafora pada Pituah-Pituah dalam prosesi Malam Bainai dalam adat perkawinan Minangkabau : suatu kajian semiotik = The interpretation of metaphor in Pituah-Pituah in Malam Bainai ritual in Minangkabau traditional wedding : a study of semiotics

Fithratul Miladiyenti; Fithratul Miladiyenti, supervisor (Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Tesis ini menganalisis pemaknaan metafora pada pituah-pituah dalam prosesi Malam Bainai dalam adat perkawinan Minangkabau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Pemaknaan metafora dilakukan dengan menganalisis pemetaan bentuk konkret referen sekunder ke dalam konsep abstrak referen primer yang berfokus pada penelaahan aspek referensial dan relasi tanda yang terdapat di dalam metafora sebagai suatu tanda yang kompleks. Penelaahan aspek referensial dan relasi tanda dilakukan dengan menggunakan teori metafora semiotik Danesi-Perron serta menggunakan model trikotomi Peirce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan metafora sangat berkaitan erat dengan proses pemetaan referen sekunder (representamen) ke dalam referen primer (objek) yang mengungkap pesan-pesan kearifan budaya Minangkabau (interpretan). Nilai-nilai kearifan budaya tersebut direpresentasikan representamen-representamen yang ada melalui fungsi, karakteristik, ciri khas, sifat, struktur, manfaat, maksud serta kondisi unik yang dimiliki oleh representamen-representamen tersebut. Hasil penelitian juga mengungkap pola representasi metafora di dalam budaya Minangkabau.

This thesis analyzes the interpretation of metaphor in Pituah-pituah in Malam Bainai ritual in Minangkabau traditional wedding. This research is a qualitative research by means of semiotic analysis. The interpretation of metaphor is conducted by analyzing the vehicle-topic mapping focused on observing the relational and referential aspects of the sign in the metaphor as a complex sign. The observation of relational and referential aspects is conducted by using Danesi-Perron?s metaphor theory and Peirce?s trichotomy model. The results of this research show that the interpretation of metaphor is closely related to the vehicle (representamen)-topic (object) mapping deciphering cultural wisdom messages (interpretant). The representamens represent the values of cultural wisdom through their functions, characteristics, structures, benefits, intentions and unique conditions. The results of this research also reveal the representational pattern of metaphor in Minangkabau culture.

 File Digital: 1

Shelf
 T33307-Fithratul Miladiyenti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T33307
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 173 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33307 15-21-457687330 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20329955