ABSTRAK Tesis ini membahas mengenai hubungan antara kualitas jasa dankepuasan pelanggan dilhat dari sudut pandang pelanggan. Adapun faktor – faktoryang digunakan untuk mengukur hal tersebut ada lima faktor yaitu, core service,human element of service delivery, systematization of service delivery, tangiblesof service dan social responsibility. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatifdengan desain riset deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas jasa dankepuasan pelanggan mempunyai korelasi yang sangat kuat walaupun keduaelemen tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Hasil penelitian menyarankanbahwa pihak manajemen restoran sebaiknya selalu menjaga kualitas pelayanan,karena hal ini akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. ABSTRACT This research discuss regarding relationship between service quality andcustomer satisfaction from the customer point of view. The factors that are used tomeasure these five factors are core service, human element of service delivery,systematization of service delivery, tangibles of service and social responsibility.This research is descriptive quantitative research design. Results of this study isthe service quality and customer satisfaction have a very strong correlationalthough both elements are two different construct. The results suggest that themanagement of the restaurant should always maintain the quality of service, asthis will affect customer satisfaction. |