Nilai normal pemeriksaan Neuropsikologi Cerad di Jakarta = Normative value of Cerad Neuropsychology examination / Abdul Wahid Indrajaya
Abdul Wahid Indrajaya;
Lamempouw, Silvia F., supervisor; Yetty Ramli, supervisor; Joedo Prihartono, supervisor; Diatri Nari Lastri, examiner; Lyna Soertidewi, examiner; Sitorus, Freddy, examiner
(Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013)
|
Latar Belakang. Pemeriksaan Neuropsikologi CERAD merupakan pemeriksaanyang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya gangguan fungsi kognitif. Hinggasaat ini, nilai normal Pemeriksaan Neuropsikologi CERAD belum diketahui.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai normal PemeriksaanNeuropsikologi CERAD di Jakarta berdasarkan usia dan tingkat pendidikan.Metode. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain potong lintang.Pengumpulan data dilakukan pada bulan November hingga Desember 2012.Hasil. Sebanyak 192 subyek penelitian yang terdiri dari 60.9% subyek laki-lakidan 39.1% subyek perempuan diikutsertakan dalam penelitian ini. Usia darisubyek penelitian berkisar antara 40-84 tahun. Berdasarkan tingkat pendidikan,sebanyak 92 (47.9%) subyek merupakan tamatan SLTP, sedangkan 100 (52.1%)subyek lainnya merupakan tamatan SLTA atau lebih tinggi. PemeriksaanPemeriksaan Neuropsikologi CERAD adalah 102, dengan kisaran skor antara 65-130. Perbedaan nilai rerata skor total Pemeriksaan Neuropsikologi CERAD antarkelompok usia dan antar kelompok tingkat pendidikan ditemukan bermaknadengan masing-masing memiliki nilai p 0,000 dan 0.002. Sedangkan terkait jeniskelamin, tidak ditemukan perbedaan yang bermakna antara laki-laki danperempuan (p=0,811).Kesimpulan. Telah didapatkan nilai tengah Pemeriksaan Neuropsikologi CERADdengan fungsi kognitif yang normal berdasarkan usia dan tingkat pendidikan. Usiadan tingkat pendidikan secara bermakna mempengaruhi nilai tengah PemeriksaanNeuropsikologi CERAD Background. CERAD Neuropsychology Examination is an instrument that canbe used to detect cognitive impairment. To date, Normative Value of CERADNeuropsychology Examination has not been known. The aim of this study is toobtain the normative value of CERAD Neuropsychology Examination accordingto age and level of education.Method. A cross-sectional study was conducted. Data collection were collectedbetween November - Desember 2012.Result. A total of 192 subjects, i.e. 39.1% male subjects and 60.9%femalesubjects, were included in this study. The age of the subjects was between 40 and84 years. Based on level of education, 92 (47.9%) subjects were primary highschool graduates, whereas 100 (52.1%) subjects were secondary high schoolgraduates or higher. The median of total score of CERAD NeuropsychologyExamination is 102 , ranging from 65 to 130. Differences of total score ofCERAD Neuropsychology Examination between age groups and educationgroups were found to be statistically significant (p = 0,000 and 0.002).Meanwhile, no significant difference in total score of CERAD NeuropsychologyExamination between male and female.Conclusion. The total score of CERAD Neuropsychology Examination withnormal cognition based on age and level of education has been found. Age as wellas level of education have significant effects on total score of CERADNeuropsychology Examination. |
![]()
|
No. Panggil : | T-pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 51 pages : illustration + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-pdf | 15-23-44019346 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20330172 |