:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Dolanan globalisasi : kajian antropologi globalisme seni gunung = Globalization dolanan : globalism anthropology of peasant art in highland Java / Nosa Nurmanda

Nosa Nurmanda; Semiarto Aji Purwanto, promotor; Irwan Martua Hidayana, examiner; Lumenta, Dave, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Tesis ini adalah pembahasan sebuah model proyek lokal-pinggiran yang bersifat global yang mendialogkan dan mempertahankan identitas lokal dalam kerangka kerja nasional dan/atau global. Secara spesifik, tesis ini bicara soal komunitas seni di padepokan Tjipta Boedaja, Gunung Merapi, Dusun Tutup Ngisor, Muntilan dan bagaimana cara mereka beradaptasi serta memproduksi seni dari tahun 1937 hingga sekarang dengan memakai sudut pandang globalisme dalam antropologi. Untuk menjawab hal itu tesis ini menghubungkan persepsi identitas partikularitas dalam pertemuannya dan permainannya (dolan) dengan imajinasi global dan proyek-proyek apa saja yang hadir untuk melestarikan identitas lokal tersebut dalam konteks petani gunung di Jawa.

ABSTRACT
This thesis discussed a model of local-marginal project, which communicates and develops local identities in national and/or global framework. Specifically, the thesis explained how a peasant art community in Padepokan Seni Tjipta Boedaja, mount Merapi, Tutup Ngisor Village, Muntilan Central Java, adapt and produce their performing arts from 1937 until today. It connects particular perception on identity and the playful (dolan) interaction with what imagined as global and also the projects in maintaining the local identity in a Highland Javanese peasant context.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Nosa Nurmanda.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 166 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20330361