:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Mixed use development affordable housing provision in East Perth = Proyek perumahan tempat tinggal ekonomis di Perth bagian timur

Cassandra Putri; Dita Trisnawan, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Peran arsitektur diakui memiliki kapabilitas untuk menjadi solusi bagi permasalahan urban baik dalam skala kecil maupun besar, untuk mempertahankan sisi positif yang telah ada, dan untuk mengisi kekurangan di lingkungan itu sendiri. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk membantu mengurangi krisis urban di Australia, dan meminimalisasi efeknya dikemudian hari. Sebagai isu utama yang telah menyebar pada kota-kota besar di Australia, ekspansi area urban yang tidak terkontrol dapat dipecahkan dengan pengadaan perumahan berpopulasi tinggi yang berlokasi tidak jauh dari pusat perkotaan, juga untuk mengurangi kepemilikan dan penggunaan kendaraan pribadi. Isu lokal di lokasi tapak yaitu kota Perth Timur yang perlahan berubah pada sisi demografis, dari komunitas yang berasal dari berbagai kelas sosial menjadi komunitas yang homogen dan ekslusif untuk kelas menegah keatas. Salah satu solusi pada isu tersebut adalah dengan pengadaan mixed-use development yang terdiri dari perumahan terjangkau dan area komersil. Observasi lebih dalam terhadap kawasan Goderich (lokasi tapak) adalah kurangnya interaksi sosial, sehingga menghasilkan intensi desain pada proyek ini yaitu untuk meningkatkan interaksi sosial antar komunitas. Desain dari perumahan ini adalah hasil dari eksplorasi tipologi spasial courtyard, dengan menciptakan pengalaman yg majemuk dalam melakukan interaksi sosial pada courtyard yang berlapis, tersedia untuk penggunaan privat ataupun publik tanpa mengabaikan batas privasi penghuni dengan menciptakan batas wilayah yang jelas antara area publik dan privat.

Architects are believed as a profession capable to ease faults in urban living, both in big and smaller scopes, as well as to maintain the positives and to fill in the absence. Major intention is to play big role in Australian urban crisis, or help to reduce the current issue and possible impact to the future for the least. As the issue of urban sprawl arises in major cities of Australia including Perth, one potential solution is by the provision of high population density housing with a close proximity to the city centre, as an attempt to reduce the vehicular possession and usage. Another local issue of the chosen site, East Perth, that it has seemingly alters in its demographic, from a diversely vibrant community into an exclusive area for people with higher socio-economic status. It has become a subject of main consideration to mitigate the issue of social mix decline by the provision of mixed-use development consisting of affordable housing and commercial. Further observation is focused on the precinct that showed its lack of social interaction within a neighbourhood, contrasting with the bigger scope of East Perth which happen to be a community of suburban style of living, leading to another design intention to increase the sense of community in the precinct. The design is the result of a courtyard exploration, creating a multi-layered experience of performing social interaction shaped by a vibrant multi-layered courtyard in the centre available for both public and private use, thus with such circumstances the project has paid a careful consideration to set a clear boundaries between public and private areas.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Cassandra Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S54654
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 45 hlm. ; il. : 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S54654 16-22-44389455 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331210