:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Studi perancangan inovasi lambung SWATH pada Unmanned Surface Vehicle = Design study innovation of SWATH hull USV

Muhammad Hary Mukti; Sunaryo, supervisor; Agus H.S. Reksoprodjo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Perkembangan USV atau kapal tanpa awak di dunia sudah berkembang pesat. Desain lambung yang sering digunakan pun beraneka ragam, namun masih belum banyak yang menggunakan teknologi SWATH. Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah inovasi desain pada bidang USV berbasis SWATH yang memiliki karakter hambatan yang rendah, bentuk kamuflase, memiliki daya muat yang besar, stabilitas yang baik, dan banyak fungsi yang tidak dimiliki oleh USV lainnya. Inovasi desain ini diberi nama Sea Ghost yang dapat dikembangkan agar dapat lebih canggih lagi di masa depan. Dari penelitian ini dihasilkan suatu grafik performa desain yang menggambarkan performa lambung USV dari berbagai tipe dan ukuran.

Development of USV or unmanned vessel in the world is growing rapidly. The usual hull designs are also varied, but most of them aren’t use SWATH technology. In this study, an innovative design in USV based on SWATH technology is obtained with characterization low resistance, camouflage form, large capacity, good stability, and more functions that are not owned by any other USV. This innovation named Sea Ghost which can be developed to become more sophisticated in future. A design performance graph is obtained from this study that depicts the USV hull performance of various types and sizes.

 File Digital: 1

Shelf
 S44577-Muhammad Hary Mukti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S44577
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 87 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44577 14-22-08770604 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331302