:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Mikrokapsul Ibuprofen dengan penyalut Polipaduan Kitosan dan Polikaprolakton = Microcapsules Ibuprofen from Polyblend Chitosan and Polycaprolactone

Lulu Restiana; Emil Budianto, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Ibuprofen merupakan obat nonsteroid dan anti inflamasi yang digunakan untuk meredakan rematik.Ibuprofen harus dikonsumsi berulang kali untuk mendapatkan dosis yang sesuai sehingga kemampuan obat menjadi efektif. Konsumsi ibuprofen yang terus menerus ini menyebabkan efek yang merugikan karena dapat, mengiritasi lambung. Sistem pengantaran obat dengan pelepasan terkendali dapat menjadi solusi untuk mengurangi efek yang merugikan dari ibuprofen. Pengantaran obat dengan pelepasan terkendali ini dilakukan dengan proses mikroenkapsulasi obat menggunakan polimer biodegradable yang nontoksik di dalam tubuh. Penelitian ini menggunakan kitosan dan polikaprolakton (PCL) sebagai dinding mikrokapsul ibuprofen.Penelitian ini menggunakan variasi komposisi. Pada penelitian ini, dihasilkan enkapsulasi yang paling terbesar terdapat pada komposisi kitosan/PCL 60:40 dengan persen sebesar 74,36%. Uji disolusi menyatakan bahwa pada pH 1,3 pelepasan ibuprofen lebih kecil dibandingkan pada pH 7,4. Hal ini karena pada pH 1,3, kitosan mengalami swelling. Pengamatan dengan SEM memperlihatkan bahwa pelepasan terjadi karena proses difusi.

Ibuprofen is a nonsteroidal and anti-inflamatory drug (NSAID) for rheumatic disease that must be consumed frequently to get the terapheutic effect. This frequently consumsion cause the bad effect because thedrug can iritate the stomach. Controlled drug delivery system can be the solution to minimalize the bad effect of ibuprofen. The controlled drug delivery system is processed by microencapsulation the drug with the biodegradable and nontoxic polymer. This experiment, use chitosan and polikaprolactone (PCL) as the wall of ibuprofen microcapsules. The variation of this study is the differences of chitosan and PCL composition. The result is the best encapsulasion occurred in chitosan/PCL 60:40 with the exact number 74,36%. The dissolution test tells that in pH 1,3 the released of ibuprofen is significantly less than in pH 7,4 because in the acidic condition chitosan do the swelling. The observation with SEM shows that the released occured because of the diffusion of the drug.

 File Digital: 1

Shelf
 S45648 Lulu Restiana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S45648
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 42 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S45648 14-21-01690580 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331326