:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kebutuhan informasi pengajar Ilmu Pengetahuan Alam: studi kasus guru SMA N 1 Depok = Information needs teacher of natural science: case studies teachers SMA N 1 Depok

Meyliana Yuslinar Lestari; Fuad Gani, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian mengenai kebutuhan informasi pengajar studi kasus guru sekolah menengah atas ini di lakukan di SMA N 1 Depok, Jalan Nusantara Raya Nomor 317 Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok terhadap 3 (tiga) orang informan yang merupakan guru kelas dan guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dimana mempunyai masa kerja lebih dari 20 tahun dan merupakan pemustaka perpustakaan SMA N 1 Depok. Alasan untuk lebih memilih pengajar bidang studi IPA SMA N 1 Depok dari pada pemustaka lainnya yang merupakan anggota perpustakaan SMA N 1 Depok karena para pengajar bidang studi IPA SMA N 1 Depok merupakan satu- satunya pemustaka yang lebih membutuhkan dan menginginkan informasi yang baik untuk mereka ajarkan kembali kepada siswa-siswinya demi mendukung proses mengajar mereka dikelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan. yang pada dasarnya ingin menggambarkan kebutuhan informasi pengajar SMA N 1 Depok dengan sumber informasi yang tersedia di Perpustakaan SMA N 1 Depok. Kunjungan ke tempat penelitian akan sering dilakukan oleh peneliti kualitatif disebabkan peneliti kualitatif diharuskan dapat menggambarkan keadaan dari hal-hal yang berhubungan dengan topik yang akan diteliti.
Selama penelitian berlangsung, peneliti melakukan sebuah pengamatan secara umum dan menyeluruh terhadap semua hal yang dilakukan dan terdapat di sekitar perpustakaan SMA N 1 Depok dan ruang kelas saat guru mengajar, mulai dari materi mengajar yang disampaikan terkait dengan ketersedian koleksi yang ada di perpustakaaan SMA N 1 Depok.

Research on the information needs of case studies teacher teaching high school is done at SMAN 1 Depok, Jalan Nusantara Raya No. 317 Sub Pancoran Mas Depok to 3 (three) informants are classroom teachers and teachers of Natural Sciences (IPA) which has a service life of over 20 years and was a Librarian SMAN 1 Depok. Reasons for preferring teaching science subjects SMAN 1 Depok user other than a member of SMAN 1 Depok library for science subjects teachers SMAN 1 Depok is the only Librarian a greater need and desire for the good information they teach back to her students in order to support the process of teaching them in class.
This study used descriptive qualitative research approach with the case study method. Data was collected through interviews with informants. which basically wanted to describe the information needs of faculty SMAN 1 Depok with information resources available at the Library of SMAN 1 Depok. Visits to the research will be conducted by qualitative researchers often caused a qualitative researcher is required to describe the state of things related to the topic being researched.
During the study, researchers conducted a general observation and thorough review of all the things to do and there are around SMAN 1 Depok library and classrooms when teachers teach, ranging from teaching materials delivered related to the availability of the collections of the library of SMA N 1 Depok.

 File Digital: 1

Shelf
 S44576-Meyliana YL .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S44576
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 97 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44576 14-22-18607254 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331474