:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pemanfaatan dokumen elektronik di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) = The utilization of electronic documents in the National Institute of Aeronautics and Space (LAPAN)

Indra Febriana; Nina Mayesti, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keseluruhan dari pemanfaatan dan tujuan dari pemanfaatan terhadap sarana dokumen elektronik di pusat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Jakarta. Kerangka Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebagai informan inti yakni Sumber Daya Manusia yang mengelola teknologi informasi pada Biro Humas dan Kerjasama Kedirgantaraan LAPAN pusat. Cara pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi pemetaan kegiatan dan masalah, wawancara mendalam (depth interview), dan analisis dokumen. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan dan kendala dokumen elektronik yang tercipta di LAPAN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan dokumen elektronik dilakukan oleh pengguna, banyak dari kalangan peneliti di LAPAN sebagai operasional kerja dalam mencapai efisiensi dalam waktu, tenaga dan biaya. Peneliti LAPAN memiliki hak akses yang penuh untuk menelusur dokumen. Selain peneliti, pengguna banyak dari instansi lain yang membutuhkan informasi kewilayahan. Pemanfaatan dokumen elektronik di LAPAN cukup mudah diakses karena menerapkan metode publikasi melalui website. Namun masih ditemukan beberapa kendala dalam pemanfaatannya yaitu tidak semua pengguna mendapatkan informasi dalam bentuk dokumen yang dicarinya karena ketidaktersediaan dokumen, kurangnya Sumber Daya Manusia dan tenaga pengolahannya, serta masih ditemukannya sistem jaringan error yang menghambat pendistribusiannya dan masalah kurang tertariknya masyarakat terhadap ilmu kedirgantaraan.

This study aims to describe the whole of the way and purpose of use electronic documents facilities in The National Institute of Aeronautics and Space (LAPAN) Jakarta. Framework This research is a qualitative descriptive type. Subjects in this study as well as the informant is someone who is at the core of human resource management and information technology in Public Relations Aerospace Cooperation LAPAN center. Way of collecting data through observation mapping activities and issues, in-depth interviews (depth interviews), and document analysis. The issues raised in this research is how to use the documents created by the stakeholder overall at LAPAN. The results of research showed that the utilization of electronic documents by the user, many of the researchers in the operational LAPAN in achieving efficiencies in time, effort and cost. Space agency researchers have full access rights to search documents. Aside from researchers, many of the other users that require regional information. The users of electronic documents in LAPAN fairly accessible for the method of publication via website. However, there is still some problems in the utilization that is not all users to get information in form of a document looking for because unavailability the document because still have not been processed, the lack of human resources that provides information facilities to support the electronic document and processing personnel, and are still found system malfunction network its distribution and problems of society to less attraction of aerospace science.

 File Digital: 1

Shelf
 S44343-Pemanfaatan dokumen.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S44343
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 94 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44343 14-23-43278111 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331624