:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Fungsi emotif interjeksi 啊 a bahasa mandarin dalam drama seri 我 可能 不 会 爱 你 Wǒ kěnéng bù huì ài nǐ Aku Mungkin Tidak Bisa Mencintaimu = Emotive function of mandarin interjection 啊 a in drama series 我 可能 不 会 爱 你 Wǒ kěnéng bù huì ài nǐ Maybe I Couldn't Love You

Hayati Nufus; A.M. Hermina Sutami, supervisor; Hana Nurul Hasanah, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah mengenai fungsi emotif yang dimiliki oleh interjeksi 啊 a dalam kalimat Bahasa Mandarin. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data dari percakapan yang ada dalam drama seri Taiwan berjudul 我可能不会爱你 Wŏ Kĕnéng Bù Huì Ài Nĭ ?Aku Mungkin Tidak Bisa Mencintaimu?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan jenis emosi dan sub-kelas emosi yang ditunjukkan oleh interjeksi (叹词 tàncí) 啊 a yang berdistribusi di awal kalimat, serta membantu pembaca dalam memahami penggunaan interjeksi 啊 a dalam Bahasa Mandarin. Dalam menentukan jenis emosi dan sub-kelas emosi pada data digunakan klasifikasi emosi menurut teori emosi Santangelo (2001), sedangkan untuk mengetahui jenis ton interjeksi 啊 a pada data digunakan alat berupa program Praat. Hasil penelitian menunjukkan Interjeksi 啊 a dalam kalimat Bahasa Mandarin dapat menunjukkan lima kelas emosi, yaitu (1) kelas emosi sikap positif serta harapannya yang diwakili oleh sub-kelas emosi ingin tahu; (2) kelas emosi rasa puas yang diwakili oleh sub-kelas emosi senang dan terkejut (menyenangkan); (3) emosi penonjolan nilai negatif yang diwakili dua sub-kelas emosi, yaitu terkejut (tidak disangka atau tidak diharapkan) dan rasa heran; (4) kelas emosi perlawanan agresif diwakili oleh emosi marah; dan yang terakhir (5) kelas emosi rasa tidak puas diwakili oleh emosi mengeluh dan menyesal. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada partikel 啊 a yang berdistribusi di awal kalimat Bahasa Mandarin yang dicurigai berfungsi sebagai partikel fatis. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk membedakan partikel 啊 a di awal kalimat Bahasa Mandarin yang berfungsi sebagai interjeksi dan partikel fatis.

This thesis addresses the question of how emotive function of interjection 啊 a is used in Mandarin sentences. This research was done by taking data from the conversation in Taiwan drama series entitled 我 可能 不会 爱 你 Wŏ Kĕnéng Bù Huì Ài Nĭ 'Maybe I Couldn?t Love you'. The purpose of this research is to describe the kind of emotion and sub-classes of emotion that are expressed by the interjection (叹词 tàncí) 啊 a which occur at the beginning of sentences, and also to assist the reader in understanding the use of interjection 啊 a in Mandarin. To determine the type of emotion and sub-classes emotion of the data, the researcher used Paolo Santangelo?s classification of emotion (2001). Moreover, this research also used Praat program in order to know the tone of interjection 啊 a. The result of the research shows that interjection 啊 a in Mandarin sentences can express five type of emotional classes : (1) positive expectations and interaction class as represented by curious emotion, (2) satisfactory affects class represented by gladness and pleasant surprise, (3) negative projections ​​class represented by (unexpected) surprise and astonishment (4) aggressive-opposing emotions class represented by the emotion of anger, and the last (5) unsatisfactory affects class represented by gripe and regret. The result also shows that there are particles 啊 a which occur in the beginning of sentences but do not express any feelings. These particles are suspected as Phatic particles in Mandarin. However, a further research need to be done in order to distinguish particles 啊 a in the beginning of Mandarin sentences that has function as interjection and Phatic particles.

 File Digital: 1

Shelf
 S44058-Fungsi emotif.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S44058
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 77 hlm. : ill. ; 28 cm . + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44058 14-20-537723937 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20331890