Gerai Kuliner banyak terdapat di Kota Depok, terutama di Jalan Margonda dan sekitarnya. Lokasi gerai kuliner yang terdapat di Jalan Margonda dan sekitarnya memiliki perbedaan dan persamaan sesuai dengan ciri khasnya masing-masing. Ciri khas lokasi yang dimaksud dapat terlihat dari penggunaan tanah, kelas jalan, dan fasilitas gerai kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui karakteristik lokasi gerai kuliner bagi konsumen mahasiswa di Jalan Margonda dan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis spasial dengan melihat hubungan antara karakteristik lokasi gerai kuliner dan karakteristik konsumennya. Dilakukan klasifikasi gerai kuliner menjadi tiga tipe, yaitu Tipe A, Tipe B, dan Tipe C. Hasilnya terlihat perbedaan karakteristik lokasi gerai kuliner di Jalan Margonda dan sekitarnya, yakni gerai kuliner yang memiliki fasilitas lengkap berada di Jalan Margonda yang merupakan jalan utama. Sedangkan gerai kuliner yang fasilitasnya kurang lengkap berada di jalan- jalan sekitar Margonda. Sementara, perbedaan karakteristik konsumen, yang dilihat dari pendapatan, asal kedatangan, frekuensi pembelian, moda transportasi, biaya pembelian, pandangan konsumen, dan suku, memiliki hubungan dengan karakteristik lokasi gerai kuliner. Culinary outlets are common in Depok, especially at Jalan Margonda and surroundings roads. Location of culinary outlets at Jalan Margonda and surrounding areas have differences and similarities according to their typical characteristics. Characteristic of the location is able to be seen from land use, road class and culinary outlets facilities. The purpose of this research is to determine the culinary outlet’s location characteristic for university student at Jalan Margonda and surroundings roads. The method used in this research is a spatial analysis of the relationship between the characteristics of the location and characteristics of consumer culinary stores. Culinary outlets classified into three types: Type A, Type B, and Type C. The result shows the differences of the culinary outlet’s location characteristics at Jalan Margonda and surrounding streets, the culinary outlets that has complete facilities located in Jalan Margonda which is the main street. While culinary outlets with incomplete facilities located at the streets around Margonda. Meanwhile, differences in consumer characteristics, as seen from income, origin arrivals, frequency of purchase, transportation, cost of purchase, the consumer outlook, and tribe, have a relationship with the culinary outlet’s location characteristic. |