Restoran memiliki beragam tipe, dimana suasana menjadi salah satu faktor yang membedakannya. Pencahayaan merupakan satu dari beberapa elemen pembentuk suasana yang dapat mempengaruhi perasaan dan dibutuhkan untuk mendukung interaksi dalam restoran. Dalam pemahamannya, dilakukan kajian teori restoran, pencahayaan, dan interaksi pada manusia yang digunakan untuk menganalisis studi kasus. Data didapatkan melalui literatur, jurnal, situs internet, foto, observasi, dan wawancara. Dari hasil pengamatan dan analisis, dapat terlihat bahwa pencahayaan pada restoran memiliki keterkaitan terhadap jarak yang digunakan saat berinteraksi di dalamnya. Selain itu juga ditemukan bahwa selain pencahayaan, ada pula faktor lain yang berpengaruh terhadap jarak dan interaksi pada manusia, yaitu hubungan antar orang yang berinteraksi, hal yang dirasakan, kegiatan yang sedang dilakukan, dan ruang yang diberikan. Restaurant has variety of types, where the ambience was one factor that sets it apart. Lighting is one of several elements forming an ambience that can affect the feelings and the need to support interaction in the restaurant. For more understanding, conducted studies of restaurant, lighting, and interaction in human theories were used to analyze case studies. The data acquired through literature, journals, websites, photos, observation, and interview. From the observation and analysis, can be seen that the lighting in the restaurant is related to the distance that is used when interacting in it. It was also found that in addition to lighting, there are also other factors that influence the distance and interaction in humans, namely the relationship between people who interact, what is felt, the activity being performed, and the space provided. |