:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Adaptasi ruang domestik terhadap penghuninya seiring waktu = The adaptation of domestic space towards its inhabitants over time

Nasution, Talita Yakin Putri; Yandi Andri Yatmo, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Arsitektur tidak terlepas dari kebutuhan manusia akan ruang untuk beraktivitas. Seiring waktu, tubuh manusia yang hidup akan terus tumbuh dan berubah. Ruang domestik sebagai tempat terjadinya keseharian, secara langsung merespon kebutuhan dan keinginan manusia yang berubah seiring waktu. Dengan demikian, ruang domestik perlu dapat bersifat terbuka serta fleksibel penggunaannya agar dapat beradaptasi dengan baik terhadap manusia sebagai penggunanya.
Dalam beradaptasi, ruang domestik tidak perlu untuk berubah seluruhnya. Penyesuaian dapat dilakukan pada ruang dan furnitur yang memudahkan proses adaptasi. Skripsi ini mencoba mengamati bagaimana perubahan ruang domestik, yang hidup dan tumbuh beriringan dengan penghuninya seiring waktu. Terdapat dua metode pengamatan, yaitu mengamati bagaimana perubahan yang terjadi pada sebuah keluarga sebagai penghuni ruang domestik dan mengamati bagaimana penyesuaian ruang yang dilakukan untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan ruang yang timbul.
Dari pengamatan tersebut dapat disimpulkan bahwa ketika merancang, arsitek tidaklah menjadi yang paling tahu. Perubahan kebutuhan dan keinginan dalam penggunaan ruang merupakan sesuatu yang tidak terlelakkan, sehingga fleksibilitas dalam penggunaan ruang di waktu yang berbeda menjadi penting untuk dipertimbangkan ketika merancang. Arsitek sebaiknya tidak secara kaku menentukan penggunaan ruang yang dirancangnya untuk orang lain, tetapi memfasilitasinya agar kehidupan seutuhnya dapat bergulir di dalam ruang yang dirancang.

Architecture cannot be separated from human spatial needs. Human body as living things are always changing and grow over time. Domestic space, where everyday happens, responses directly to human needs and desires that always change. According to that, domestic space needs to be open for adaptation by inhabitants and enable flexible use by the user.
To adapt, domestic space doesn?t need to change completely. Adjustments can be made in space plan and furniture placement to adapt at minimum cost. The purpose of this study is to observe how domestic space changes, lives and grows with its inhabitants over time. There are two methods of observation in this writing. Firstly, observing how the family as domestic space?s inhabitants changes over time. Secondly, observing how the adjustments of space and furnitures in domestic space are done to accommodate the changing needs and desires of its inhabitants.
From these observations, it can be concluded that in designing architect is only based on limited information of the inhabitants? lives. The inhabitants? changing needs and desires in using space are inherent. The flexibility of spatial use in different times is important in designing domestic space. Architect should not strictly determines the spatial use of his/her design, but instead facilitates it so the life of the inhabitants can unfolds over time.

 File Digital: 1

Shelf
 S44634 Adaptasi ruang.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S44634
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 50 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44634 14-20-890641342 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332040