:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perbandingan tiga macam gerakan Rukuk dan dua macam gerakan Sujud dengan metode Posture Evaluation Index (PEI) = Comparison of three kinds Ruku movement and two kinds Sujud movement with Posture Evaluation Index (PEI) methods

Adi Zulfikar; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013)

 Abstrak

Di Indonesia, mayoritas penduduknya memeluk agama islam. Sebagai pemeluk agama islam, mereka berkewajiban untuk melakukan ibadah shalat setiap harinya. Di Indonesia juga berkembang berbagai mahzab (paham) sehingga terdapat beberapa perbedaan dalam gerakan shalat yang dilakukan. Perbedaan ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan gerakan-gerakan shalat yang sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Peneliti, dalam hal ini mencoba untuk menganalisa beberapa perbedaan gerakan tersebut dengan menggunakan metode perhitungan Posture Evaluation Index (PEI) pada simulasi di dalam virtual environment piranti lunak jack 6.1. Analisa dilakukan untuk mengetahui gerakan rukuk dan sujud yang paling ergonomis sehingga memberikan kenyamanan paling baik bagi masyarakat muslim yang melakukan ibadah shalat serta dapat diketahui perbedaan nilai ergonomis dari gerakan yang benar dan gerakan yang salah.

In Indonesia, the majority of the population are muslim. As a muslim, they are obliged to perform daily prayers (shalat). In Indonesia is also developing various mahzab so that there are some differences in the prayer movement. This difference can also be caused by a lack of understanding of prayer movements in accordance with the guidance that has been taught by the Prophet Muhammad SAW.
Researchers, in this paper, is trying to analyze these movements differences by using the calculation method of Posture Evaluation Index (PEI) in the simulation based on virtual environment in jack 6.1 software. The analysis is performed to determine the most ergonomic movement so as to provide the information of the most comfortable movement to every muslim. We can also distinguished the differences between the false and right movement from ergonomic point of view.

 File Digital: 1

Shelf
 S44633 Perbandingan tiga.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S44633
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 108 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44633 14-23-09677489 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332173