:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kejadian infeksi Multidrug Resistant Pseudomonas sp. dan hubungannya dengan riwayat penggunaan Tracheal Tube pada pasien ICU Pusat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo tahun 2011 = Prevalence of infection by Multidrug Resistant Pseudomonas sp. and its association with administration history of Tracheal Tube in patients of Central ICU Cipto Mangunkusumo Hospital in 2011

Swastya Dwi Putra; Yulia Rosa Saharman, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Multidrug Resistant Organism adalah bakteri yang resisten terhadap satu atau lebih kelas antibiotika. Infeksi MDRO menyebabkan kegagalan terapi pada beberapa jenis antibiotik dan meningkatkan kesulitan untuk penyembuhan. Infeksi MDRO cukup banyak ditemukan pada pelayanan kesehatan terutama di bagian Intensive Care Unit karena pengaruh beberapa faktor risiko yang diantaranya pemakaian alat medis intensif, status imunologis yang lemah, dan transmisi dari petugas kesehatan. Penggunaan alat medis intensif terutama adalah tracheal tube adalah faktor risiko terjadinya kolonisasi bakteri Pseudomonas sp yang tidak jarang ditemukan di ICU adalah MDR-Pseudomonas sp. Oleh karena itu, data mengenai kejadian kolonisasi MDR-Pseudomonas sp. yang dihubungkan dengan riwayat penggunaan tracheal tube di ICU dibutuhkan untuk melakukan usaha pencegahan infeksi MDR-Pseudomonas sp. di rumah sakit.
Penelitian ini merupakan studi cross-sectional analitik yang dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo , Jakarta Pusat pada bulan Januari hingga Juni 2012. Data diambil dari data sekunder yang berasal dari kultur sputum dari 111 pasien yang dirawat di ICU pusat RSCM. Sampel diambil dengan metode consecutive sampling. Data yang didapat oleh peneliti dianalisis dengan metode chi-square, dengan p=0.05. Hasil yang didapatkan adalah prevalensi 8,1%, RP>1, nilai kemaknaan p=0.164, dan IK 95% 0.986 ; 2.787. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara riwayat penggunaan tracheal tube dengan infeksi MDR-Pseudomonas sp.

Multidrug Resistance Organism (MDRO) is bacteria resist with one or more antibiotics group. MDRO can cause the failure of treatment in some types of antibiotics and increases the difficulty for healing. MDRO infection commonly found in health services, especially in the Intensive Care Unit due to the influence of several risk factors including intensive use of medical devices, the lack of immunological status, and transmission of health workers. The use of medical devices, particularly tracheal tube, is a risk factor of colonization MDR- Pseudomonas sp. Therefore, we need data of MDR- Pseudomonas sp. colonization in Indonesia Hospital associated with administration history of tracheal tube in patients of adult ICU. So the practitioner can use these data for prevention and control of infection MDR- Pseudomonas sp. in hospital especially in ICU.
This is an analytical cross sectional study conducted at central ICU of Cipto Mangunkusumo Hospital on January, 2011 until June, 2012. Samples taken from secondary data derived from sputum examinations and medical records of 111 patients in ICU RSCM. We select the sample by consecutive sampling method. Data were analyzed with chi-square method, with p = 0.05. The results are prevalence 8,1%, RP> 1, the value of significance p = 0164, and 95% CI 0986; 2787. These results suggest that there is no association between administration history of tracheal tube and incidence of infection by MDR- Pseudomonas sp.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Swastya Dwi Putra.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 30 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-72440348 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332420