:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Analisis produktivitas total faktor pada industri besi dan baja di Indonesia periode 1980-2004

Adrian Munandar; Lubis, Andi Fahmi, supervisor (Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Tingginya konsumsl besi dan baja dunia menjadi awal dilakukannya penelitian ini. Berdasarkan data-data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia dan berbagai macam surat khabar diketahui bahwa tingginya tingginya konsumsi baja dunia tldak dapat dipenuhi oleh industri besi dan baja nasional. Bahkan menurut data Bank Indonesia nilai net ekspor besi dan baja dalam beberapa tahun terakhir adalah negative yang artinya nilai ekspor Iebih rendah daripada nilai impor. Bahkan data-data dari BPS juga menunjukkan adanya penurunan jumlah faktor produksi yang digunakan dalam menghasilkan output.
Menumnnya penggunaan faktor produksi bias dikarenakan beberapa alasan. Sa\ah satunya adalah telah meningkatnya peranan kemajuan ineknologi dalam menghasilkan output. Selaln itu faktor kebijakan pemerlntah seharusnya dapat meningkatkan produktivitas industri besi dan baja nasional. Bentuk kebijakan yang berkaitan dengan kemajuan teknologi dalam industri baja adalah ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1994 mengenai Penanaman Modai Asing. Dengan peraturan ini diharapkan bertarnbah tingginya modal asing yang masuk dan terjadi juga transfer teknologi dan modernisasi sumber daya manusla sehingga kemajuan teknologi njleresap ke dalam dlrl manusla dan mendorong penlngkatan efisiensi.
Hasil penelltian periode 1980 - 2004 ternyata menunjukkan bahwa peran kebijakan PP Nomor 20 tidak sesuai dengan yang diharapkan. Krisis ekonomi yang terjadi mulai tahun 1997 telah menyebabkan industri ini mengalami penurunan penggunaan faktor produksi. Karena sulitnya menembus pasar internasional dan melemahnya perekonomian dl dalam negeri menyebabkan industri besi dan baja nasional mengalami ketidakstabifan. Walaupun pengaruh kemajuan teknologi cukup tinggi setelah dikeluarkannya PP Nomor 20 Tahun 1994, namun tetap saja rendahnya tingkat konsumsi besl dan baja nasional dan tingginya nilai impor mengharuskan pemerintah untuk membuat kebijakan baru yang sesuai dengan kondisi sumber daya yang dimiliki.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T32108
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 58 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T32108 15-19-568948106 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20332834