ABSTRAK Salah satu fenomena e-commerce di Indonesia adalah dengan munculnya situsjual beli online. Salah satu situs jual beli online di Indonesia sedang berkembangadalah tokobagus.com. Tokobagus.com merupakan salah satu situs yangmenyediakan tempat jual beli terbesar di Indonesia dimana perusahaan danperorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa. Sampai 11 Juni2012, Situs ini mempunyai 998.864 iklan aktif dan 2.262.398 member. Banyakkemudahan yang dapat di temui dalam transaksi online, akan tetapi faktorkepercayaan masih menjadi isu penting yang menghambat konsumen untukmelakukan pembelian secara online. Oleh karena itu tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui pengaruh dari kepercayaan konsumen terhadap niatpembelian produk melalui situs jual beli di tokobagus.com dan melihat pengaruhdari e-commerce knowledge, perceived reputaion, perceive risk dan perceivetechnology terhadap kepercayaan konsumen pada situs tokobagus.com. Untukmencapai tujuan studi ini, peneliti mengembangkan model penelitian. Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antarakepercayaan dan niat pembelian melalui situs tokobagus.com. Penelitian ini jugamendapatkan hasil, bahwa faktor-faktor seperti pengetahuan terhadap ecommerce,reputasi perusahaan, resiko dan perceive technology secara signifikanberpengaruh terhadap kepercayaan konsumen terhadap situs tokobagus.com. Daripenelitian ini juga didapatkan hasil bahwa perceived technology berpengaruhsecara langsung kepada niat pembelian. Implikasi dari temuan ini dibahas bagipara peneliti dan praktisi. Abstract One e-commerce phenomenon is the emerge of shopping online sites. One of theshopping online site in Indonesia is tokobagus.com. Tokobagus.com is one of thesites that provide the biggest selling points in Indonesia where companies andindividuals can sell and buy products and services. Until June 11, 2012, This sitecontains 998,864 advertisements and 2,262,398 members. There are manybenefits that can be found in an online transaction, but the trust factor is still thekey issues that hamper consumers to make purchases online decision. Therefore,the purpose of this study are 1) to investigate the effects of consumer?s onlinetrust on their purchase intention in tokobagus.com and 2) to investigate the effectsof e-commerce knowledge, perceived reputaion, perceive risk and perceivetechnology to online trust in tokobagus.com. To achieve the objectives of thisstudy, researcher developed a research model. The results of this study indicatethat there is a significant relationship between trust and purchase intention intokobagus.com. The study also indicate that factors such as knowledge of ecommerce,perceived reputaion, perceive risk, perceive technology significantlyaffect consumer online trust in tokobagus.com. Moreover, this study also showedthat perceived technology directly affects the purchase intention. Implications ofthese findings are discussed for researchers and practitioners. |